Sarigading, Pejuang Dari Sulawesi Yang Gugur di Tanah Borneo | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Selasa, 28 Desember 2021

Sarigading, Pejuang Dari Sulawesi Yang Gugur di Tanah Borneo

 

Sumber foto instagram @sejarah.banjar

Ada pahlawan dari Sulawesi yang berjuang dan meninggal di Barabai bernama Saurigading yang kemudian dalam lafal masyarakat menjadi Sarigading.

Nama Sarigading muncul ketika revolusi fisik mempertahankan kemerdekaan di Kalimantan Selatan tahun 1945-1949. Pada era itu terbentuk Gerakan Rakyat Pengejar Pembela Indonesia Merdeka (GERPINDOM) di Birayang Hulu Sungai Tengah pada 10 Oktober 1945. Dipimpin Abdurrahman Karim (A.R. Haka) sebagai Komandan Umum.

Dari Kalimantan Timur datang bantuan sepasukan pejuang bersenjata lengkap berkekuatan 25 orang menuju Birayang. Diantaranya John Masael, Made Kawes (dari Tabanan Bali), M. Thaher, Asyikin, Jamhur serta Sarigading.

Ketika di Kampung Maligung, rombongan pasukan John Masael diserang polisi KNIL dan beberapa orang tertangkap. Sementara itu, Sarigading yang menyamar ditembak mati sewaktu akan menumpang mobil angkutan di Banua Binjai hendak ke Banjarmasin.

Dari cerita turun temurun masyarakat, Sarigading sedang di tunggu teman seperjuangannya di Banjarmasin, Sarigading pun keluar hutan. Namun sesampainya di Pantai Hambawang, perjalanan Sarigading terhenti oleh sepasukan Belanda. Sarigading ditangkap dan dibawa kembali ke Kampung Banua Binjai.

Pada wilayah Banua Binjai Sarigading di hukum tembak oleh Polisi KNIL. Jenazahnya dimakamkan di Kubur Muslimin Banua Binjai yang sekarang ini kuburan muslimin Desa banua Budi di Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah
. Selanjutnya, makamnya dibongkar dan dipindahkan ke Makam Pahlawan Kusuma Bangsa, Pagat Batu Benawa Kabupaten Hulu Sungai Tengah

Sumber: IG sarigading.nature, http://serbaserbi- serbabi.blogspot.com, facebook.com/Bartman KorwilBarabai

Dari instagram @sejarah.banjar

Link tulisan asli : https://www.instagram.com/p/CT6TcJrP3V7/

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner