Jembatan Barito, Jembatan Terpanjang Se Asia Tenggara Pada Masa nya | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Selasa, 21 Desember 2021

Jembatan Barito, Jembatan Terpanjang Se Asia Tenggara Pada Masa nya

Sumber foto : wisato.id

Jembatan Barito diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tahun 1997. Pada era itu, Jembatan Barito merupakan jembatan terpanjang di Asia Tenggara. Jembatan ini memiliki ukuran sepanjang 1.082 meter dan lebar 10 meter di atas Sungai Barito. Jembatan ini juga menghubungkan dua propinsi, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah.

Dalam sambutan beliau, Presiden Soeharto mengatakan telah diberitahu bahwa DPRD Tingkat I Kalimantan Selatan mengambil keputusan untuk mengusulkan pemberian nama “Jembatan Soeharto” kepada jembatan tersebut.

Presiden menyampaikan penghargaan dan terima kasih yang sebesar-besarnya atas penamaan Jembatan Soeharto tersebut. Tetapi, pemberian nama jembatan dengan nama Soeharto tersebut ditolak beliau karena khawatir dapat menimbulkan sikap kultus individu. Karena itu, pada peresmian jembatan tersebut, Presiden Soeharto mengganti nama jembatan tersebut dengan nama “Jembatan Barito”.

Nama Jembatan Soeharto sebelumnya diusulkan DPRD Tingkat I Kalimantan Selatan. Jembatan ini mulai dikerjakan pada 1 Januari 1993 dan selesai empat tahun kemudian tepatnya tanggal 01 Januari 1997.

Sumber : Koran Merdeka dan Republika edisi 24 April 1997; Hasan Zainuddin

Dari instagram @sejarah.banjar

Link artikel asli : https://www.instagram.com/p/CRq6YE2AOkl/

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner