Dewan Kalsel Soroti Melambungnya Harga Minyak Goreng | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Rabu, 01 Desember 2021

Dewan Kalsel Soroti Melambungnya Harga Minyak Goreng

BERITABANJARMASIN.COM - Melambungnya harga minyak goreng di pasaran ditanggapi Ketua Komisi II DPRD Kalsel, Imam Suprastowo.

Menurut Imam terkait mahalnya harga minyak goreng ini belum ada laporan Dinas Perdagangan Kalsel ke pihaknya.

Imam mengatakan memang harga tandan buah segar (TBS) sawit saat ini sangat tinggi bahkan sudah menyentuh angka di atas Rp3000 per kilogramnya. 

Namun menurutnya Kalsel adalah lumbung dari TBS yang memiliki lahan kelapa sawit yang luas. Sehingga pihaknya mempertanyakan apakah harga yang melambung tersebut karena keperluan di dunia CPO tinggi sehingga lebih banyak di ekspor daripada dipergunakan untuk minyak goreng. 

"Ini yang akan kita pertanyakan ke dinas terkait," ucapnya.

Dengan tingginya angka crude palm oil (CPO) di pasar dunia lanjut Imam, ini menjadi kendala sehingga pabrik-pabrik minyak goreng tidak mampu membeli CPO karena harga yang mahal.

Memang keperluan di dalam negeri juga banyak dimana sesuai jadwal terang Imam sudah memasuki B30 dan B50 yang merupakan program pemerintah untuk mewajibkan pencampuran biodesel dan solar yang nantinya menghasilkan produk Biosolar.
"Ini juga banyak menyerap TBS," ucapnya. (maya/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner