Pemprov Kalsel Dukung Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari Menjadi Pahlawan Nasional | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Senin, 15 November 2021

Pemprov Kalsel Dukung Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari Menjadi Pahlawan Nasional

foto: humas pemprov Kalsel
BERITABANJARMASIN.COM - Pemprov Kalsel mendukung penuh upaya memperjuangkan Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari sebagai pahlawan nasional ke-5.

“Jadi, dari Tim Peneliti Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD) Kalsel yang beranggotakan tokoh masyarakat, akademisi dan unsur TNI/Polri sudah melakukan penelitian,” kata Kepala Dinas Sosial Kalsel, Siti Nuriyani mewakili Gubernur Kalsel, di Banjarmasin, Sabtu (13/11/2021).

Dikatakan Nuriyani, Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari layak mendapat gelar pahlawan nasional, karena sejumlah karya tulis yang dihasilkan, termasuk paling terkenal Kitab Sabilal Muhtadin yang menjadi rujukan masyarakat dan dunia pendidikan dalam mempelajari ilmu fiqih.

“Maka dari itu, semua bukti tertulis hasil karya Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari kita kumpulkan untuk mendukung usulan kepada Kementerian Sosial,” ujar Nuriyani.

Kementerian Sosial, lanjut Nuriyani, memberikan waktu hingga Juni 2022 untuk menyiapkan sejumlah persyaratan yang telah ditentukan.

“Pengusulan Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari sebagai pahlawan nasional itu mengacu pada Pasal 25 dan 26 Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2009 dan memang sudah memenuhi syarat umum, khusus, dan administrasi,” kata Nuriyani.

Sementara itu, Ketua Dewan Harian Daerah (DHD) 45 Kalsel, Zulfadli Gazali mengatakan pihaknya akan menggelar seminar nasional untuk mengumpulkan bukti dan data pendukung yang kuat untuk pengusulan Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari sebagai pahlawan nasional.

“Mudah-mudahan Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari bisa secepatnya mendapatkan gelar pahlawan nasional ke-5,” kata Zulfadli. (humas pemprov Kalsel/MC Kalsel/Ar)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner