Ketika Sang Sultan Banjar Menyamar Menjadi Nelayan | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Selasa, 30 November 2021

Ketika Sang Sultan Banjar Menyamar Menjadi Nelayan

Makam Sultan Suriansyah dan Masjid Sultan Suriansyah, Sumber foto : Banjarmasintourism.com dan dunia masjid

Setelah adanya ancaman pembunuhan dari sang paman, yaitu Pangeran Tumenggung, Pangeran Samudera atau Sultan Suriansyah muda dilarikan ke Bandarmasih. Disana beliau hidup menyendiri jauh dari pemukiman yaitu di Balandean dan menyamar sebagai nelayan untuk memenuhi hidup sehari hari. Namun ternyata penyamaran itu terbongkar dengan sendirinya setelah banyak orang curiga karena tubuhnya tinggi besar, serta perilaku dan bicaranya tak seperti orang biasa.

Saat itu Patih di Bandarmasih curiga dan mendapat laporan, di Daerah Kekuasaan beliau yaitu Bandar masih ada orang baru yg tidak terlalu bersosialisasi dengan masyarakat lain. Saat orang itu datang ke Bandar dia menghilang seakan bersembunyi. Tempatnya pun tak tentu, dia tidak berdagang untuk memperoleh uang. Dia hanya menukarkan ikan pancingan nya dengan beras atau apa yg ia dapat untuk kehidupannya.

Dia kadang tinggal ke balandean kadang jua dimuara alalak di sebuah gubuk kecil dan buruk. Tapi masyarakat melihat ia bukan org biasa, dari cara ketegasannya berbicara, tegapnya ia berjalan, prilakunya sebagai kesatria tidak bisa ditutupi walaupun ia memakai baju compang camping.berambut ikal panjang, kulit hitam bersih ,Badannya besar dan tegap seolah ia tidak hidup dalam kemiskinan. Maka patih masih semakin yakin, dia lah anak hilang yg dicari Pangeran Tumenggung Untuk di bunuh. Yang kelak menjadi Raja Kesultanan Banjar dengan nama Sultan Suriansyah.

Sumber : Hikayat Banjar

dari Instagram @kesultananbanjar_official

Link artikel asli : https://www.instagram.com/p/CIH7OCDJntq/?utm_medium=copy_link

 

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner