Ibnu Sina Ingin Jadikan Sungai di Banjarmasin Seperti Chao Phraya Thailand, Seperti Apa Sih? | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Senin, 23 Agustus 2021

Ibnu Sina Ingin Jadikan Sungai di Banjarmasin Seperti Chao Phraya Thailand, Seperti Apa Sih?

BERITABANJARMASIN.COM - Setelah nota kesepakatan program Sungai Martapura Bungas, Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina rencanakan menata sungai seperti di Sungai Chao Phraya, Thailand.

Menurut Ibnu, ada beberapa indikator penting yang harus bisa ditonjolkan untuk mewujudkan rencana tersebut selain bidang pariwisatanya.

Seperti menjaga kebersihan sungai agar terbebas dari sampah terutama yang sering terjadi sampah kiriman dari hulu maupun hilir sungai. "Kemudian sungai sebagai pengendali banjir dan juga sarana transportasi," paparnya, Senin (23/8/2021).

Sarana transportasi tersebut lanjutnya, terlihat di tahun 2021 ini Pemkot Banjarmasin telah membangun lima dermaga yang juga telah dibuat masterplan transportasi sungai.
Apalagi tiga pintu masuk Kota Baiman tersebut dua diantaranya adalah kawasan sungai yakni Sungai Lulut dan Handil Bakti.

Untuk mengurangi kemacetan kota, maka pemkot rencanakan membuat transportasi sungai yang layak. Sehingga masyarakat bisa memiliki alternatif transportasi selain jalur darat dengan menggunakan kelotok (perahu sungai) yang sudah dimodifikasi.

Adapun lima dermaga telah dibuat. Seperti dermaga Sungai Lulut, Sungai Jingah, Mantuil, Pulau Bromo dan Pasar Lima. (arum/sip)

foto: Agoda

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only