Usaha Jasa Konstruksi di Banjarmasin Rasakan Dampak Pandemi | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Senin, 21 Juni 2021

Usaha Jasa Konstruksi di Banjarmasin Rasakan Dampak Pandemi

 Pandemi Covid-19 Mengharuskan Gapensi Banjarmasin Memangkas Sebagian Anggaran Proyek


BERITABANJARMASIN.COM - Organisasi Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Indonesia (Gapensi) Kota Banjarmasin mengaku terpukul lantaran pandemi Covid-19, dimana kondisi tersebut mengharuskan dana proyek terpotong sebagian.

"Sehingga tadinya porsinya cukup, jadi berkurang. Sementara persaingan di dunia usaha semakin ketat," kata mantan Sekretaris Gapensi Banjarmasin, H Tajuddin Noor, Senin (21/6/2021).

Dikatakannya, bahkan anggota Gapensi yang merupakan pengusaha dan pendatang baru, tidak bisa berkembang dan yang bisa bertahan hanya bisa memelihara yang ada."Untuk mengembangkan lebih jauh, agak sulit," ungkapnya.

Untuk ekonomi, diakuinya pemerintah berusaha untuk meningkatkan ekonomi rakyat, dengan peningkatan UKM dan lainnya. Namun, di dunia usaha dalam jasa konstruksi begitu dapat pekerjaan, langsung menciptakan lapangan kerja.  "Artinya, ada proyek bisa direkrut seratus dua ratus. Tapi kalau sekian ratus proyek mereka dapat, ribuan yang terakomodir," tambahnya.

Di Gapensi, anggota yang membangun gedung harus memiliki Surat Izin Usaha Jasa Konstruksi (SIUJK), sehingga sebagai anggota Gapensi, ada sertifikat badan usaha, sesuai dengan great dengan kemampuannya dan pengalamannya. 

Dan apabila tidak memiliki SIUJK, secara teknis tidak bisa dipertanggungjawabkan. Dan sebaliknya jika lengkap, Gapensi akan mempertanggungjawabkan. Seperti membuat jalan desa dengan panjang dan tingginya, ada analisa perhitungan. (fitri/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only