Pelatihan Pelaku Usaha Pemula Dan Koperasi Usaha Mikro Produsen Di Tanbu | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Jumat, 28 Mei 2021

Pelatihan Pelaku Usaha Pemula Dan Koperasi Usaha Mikro Produsen Di Tanbu

BERITABANJARMASIN.COM- Wira usaha pemula dan perkoperasian pelaku usaha mikro produsen dari Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) diberikan pelatihan oleh Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi Koperasi dan Usaha Mikro untuk melatih kreativitas dan inovasi para pelaku usaha.

"Agar dapat mengikuti perkembangan zaman. Mengingat, persaingan bisnis semakin ketat," kata Provinsi Kalimantan Selatan Gusti Muhammad, Kamis (27/5/2021) di Gedung Mahligai Bersujud Kapet Kecamatan Simpang Empat.

Ia juga menekankan, peserta mengikuti pelatihan dengan sungguh-sungguh, tidak hanya secara seremonial. Pelatihan ini harus diikuti dengan baik, karena kuotanya terbatas dan masyarakat yang antusias mengikuti cukup banyak.

Sehingga, kalau ada peserta yang terpilih dan tidak serius mengikuti pelatihan, sangat disayangkan.

“Saya berharap, pelatihan hari ini bisa memberikan semangat dan ilmu baru bagi pengusaha pemula di Kabupaten Tanah Bumbu,” ungkapnya.

Hal senada disampaikan oleh Bupati Tanah Bumbu H.M Zairullah Azhar yang diwakili Kepala Bidang Koperasi dan Usaha Mikro Rohaidah.

Ia menuturkan bahwa adanya pandemi membuat pola pikir (mindset) hingga perilaku masyarakat, termasuk pola bisnis berubah.

Dimana sebelumnya, transaksi jual-beli dilakukan secara konvensional. Saat ini pola bisnis beralih menjadi online atau yang biasa dikenal dengan digital marketing.

Ditambahkan Rohaidah, terkait kriteria peserta pelatihan yakni pengusaha pemula yang baru berwirausaha minimal enam bulan maksimal tiga tahun atau lebih jelasnya yang telah terseleksi oleh Disnaketrankop dan UM.

“Selain itu tujuan dari kegiatan pelatian ini guna mensertifikasi para peserta, agar nantinya bisa diusulkan ke pemerintah pusat agar mendapatkan bantuan modal usaha, tentunya tetap melalui usulan dari Provinsi Kalimanatn Selatan,” pungkasnya.

Sebanyak 40 peserta berasal dari berbagai macam usaha mulai dari kerajinan hingga aneka makanan yang ada di Kabupaten Tanah Bumbu.

Pelatihan dilakukan selama tiga hari yakni mulai 27-21 Mei dengan mengahdirkan dua orang Narasumber dari Balai Balai Diklat Koperasi dan UKM Provinsi Kalimantan Selatan.

Hadir pula Staf Khusus Bupati Bidang Percepatan Pembangunan, serta 30 Peserta dari seluruh kecamatan di Kabupaten Tanah Bumbu. (adv)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner