Dewan Kalsel Dorong Pembangunan Jalan Bebas Hambatan Penghubung Banjarmasin-Tanbu Cepat Selesai | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

VIDEO BERITA

Selasa, 23 Maret 2021

Dewan Kalsel Dorong Pembangunan Jalan Bebas Hambatan Penghubung Banjarmasin-Tanbu Cepat Selesai

BERITABANJARMASIN.COM - Proyek pembangunan Jalan tol penghubung Banjarmasin - Banjarbaru - Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) sepanjang 150 KM diharapkan rampung tahun ini.

"Kami berharap tahun ini jalan tol segera rampung dan paling tidak tahun 2022 sudah bisa digunakan," ucap Ketua DPRD Tanah Bumbu (Tanbu), Supiansyah, Selasa (23/3/2021) di Gedung DPRD Kalsel.

Menurutnya terealisasinya pembangunan jalan tol tersebut mendukung peran pemerintah daerah untuk meningkatkan pertumbuhan perekonomian di Provinsi Kalsel.  

Sebab, dengan adanya jalan penghubung yang menggunakan dana APBD Provinsi Kalsel ini kelancaran transportasi menjadi lebih baik.

Dirinya pun meminta agar Provinsi Kalsel lebih memperhatikan dan mendorong agar proyek ini dapat terlaksana dengan baik dan sesegeranya rampung agar dapat dilalui oleh kendaraan roda dua maupun roda empat.

"Jika infrastruktur tidak baik maka tidak ada yang jalan karena infrastruktur merupakan penunjang ekonomi," ujarnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalsel M Syarifuddin menyatakan mendukung agar proyek jalan tol tersebut dapat segera dibangun setelah sebelumnya dilakukan pembebasan lahan.

"Dibukanya jalan ini berguna memperpendek waktu tempuh, tentunya kita mensupport Pemprov untuk dapat merealisasikannya," katanya.

Kendati demikian hal ini juga harus menyesuaikan dengan kondisi kas daerah di Pemprov Kalsel. Mengingat, beberapa anggaran di SKPD sudah dilakukan refocusing, pergeseran anggaran yang digunakan untuk penanganan pandemi Covid-19.

"Kami minta jika proyek itu masuk prioritas secepatnya Pemprov dapat melaksanakan," ucapnya.

Menurut Syarifuddin anggota dewan yang duduk di Badan Anggaran (Banggar) telah melakukan pembahasan pada tahun 2020 berkenaan dengan proyek jalan bebas hambatan dan jalan strategis lainnya. 

"Kami juga berusaha agar beberapa proyek jalan strategis bisa masuk proyek strategis nasional (PSN), sehingga sama-sama bergotong royong membangunnya," ujarnya. (maya/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only