Tak Ada SMA, Warga Kalsel di Desa Ini Terpaksa Sekolah di Kaltim | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

VIDEO BERITA

Jumat, 30 Oktober 2020

Tak Ada SMA, Warga Kalsel di Desa Ini Terpaksa Sekolah di Kaltim

BERITABANJARMASIN.COM - Tidak adanya akses pendidikan tingkat SMA membuat warga Desa Mulyoharjo, Kecamatan Pamukan Utara, Kabupaten Kotabaru Provinsi Kalsel terpaksa menyekolahkan anak mereka di provinsi tetangga, Kaltim.

Jarak menjadi alasan, karena untuk bersekolah terdekat milik Provinsi Kalsel harus ditempuh dengan jarak kurang lebih 25 kilometer sedangkan menuju sekolah di Kaltim sekitar 2 kilometer perjalanan.

Kepala Desa Mulyoharjo, Rahmat mengatakan sudah hampir 35 tahun di desanya tidak tersentuh sekolah tingkat atas (SMA) dan ada empat desa yang belum menikmati pendidikan disini. Meski diakuinya sempat ada SMA PGRI namun dikarenakan permasalahan administrasi
terpaksa ditutup. "Saat ini untuk tingkat SMA rata-rata remaja di Desa Mulyoharjo masih banyak yang menimba ilmunya di Kaltim," ujarnya.

Ia pun berharap dibangunnya sekolah di kabupaten tersebut yang lebih dekat daripada ke provinsi tetangga. 

Menyikapi aspirasi warga, anggota Komisi II DPRD Kalsel, M Yani Helmi akan segera memanggil Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi (Disdikbud) Kalsel ke DPRD sesuai dengan Komisi yang membidangi agar dapat ditindaklanjuti.

"Ini menjadi perhatian khusus kami, fasilitas pendidikan di Desa Mulyoharjo untuk tingkat SMA harus ada dan perlu diperjuangkan untuk meningkatkan kesetaraan pendidikan dipelosok,"ujarnya usai melaksanakan reses disana. (maya/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only