RSUD Ulin Miliki Tempat Pembuatan Plasma Konvalesen Sendiri | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

VIDEO BERITA

Kamis, 10 September 2020

RSUD Ulin Miliki Tempat Pembuatan Plasma Konvalesen Sendiri

BERITABANJARMASIN.COM- Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ulin Banjarmasin kini sudah bisa membuat tempat transfusi darah Plasma Konvalesen sendiri.

Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor mengatakan dengan adanya tempat plasma darah di RSUD Ulin maka mampu mempermudah penanganan pasien Covid-19.

"Jadi saya bersyukur sekarang di RSUD ulin sudah ada tempat pembuatan Transfusi darah (Plasma Konvalesen) dalam penanganan Covid-19. Kita tidak perlu lagi ke Jakarta untuk meminta plasma darah, sekarang di Kalsel sudah bisa membuat itu," ujar Sahbirin.

Sementara itu, Plt Diretur RSUD Ulin, Izaak Zoelkarnain Akbar mengatakan bahwa pembuatan tempat Plasma Konvalesen dan peralatannya dibelikan oleh Pemprov Kalsel melalui BPBD Kalsel.

Menurutnya Plasma Konvalesen merupakan salah satu pengobatan pasien Covid-19 yang dalam kondisi parah. 

Proses dalam pengambilan sampai donor hingga menjadi plasma memerlukan waktu sekitar 30-45 menit, Plasma Konvalesen juga mampu bertahan hingga tiga bulan lamanya dalam bentuk beku.

"Sebelum diberikan kepada pasien Covid-19 yang memerlukan Plasma Konvalesen, harus dicairkan lebih dulu dan dibagi setiap dosisnya," terangnya.

Sebagai informasi, pasien Covid-19 yang dinyatakan sembuh dan ingin mendonorkan plasma darah konvalesennya terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan kesehatan kembali sebagai salah satu syarat apakah pasien tersebut dalam kondisi yang sehat.

Meskipun jumlah pasien Covid-19 banyak yang dinyatakan sembuh, namun tidak semuanya bisa mendonorkan plasma darah konvalesen dan dari 10 pasien sembuh hanya 20-30 persen saja yang memenuhi syarat.

"Maka syaratnya itu antibodinya harus tinggi. Jadi,  plasma yang diambil itu adalah antibodi yang sudah bisa melawan Covid-19 dimasukan  melalui transfusi, sehingga pasien di dalam keadaan sakit parah bisa melawan virus itu untuk menjadi sembuh," pungkasnya.(Fitri/Puji)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only