PMI Banjarmasin-RSUD Ulin Banjarmasin Kerja Sama Sediakan Plasma Konvalesen | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

VIDEO BERITA

Sabtu, 06 Juni 2020

PMI Banjarmasin-RSUD Ulin Banjarmasin Kerja Sama Sediakan Plasma Konvalesen

BERITABANJARMASIN.COM - Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Banjarmasin menjalin kerja sama dengan RSUD Ulin untuk proses penyembuhan pasien Covid-19 dengan terapi Plasma Konvalesen.

"Kami dengan RSUD Ulin itu mengadakan kerja sama. Jadi, untuk proses penyembuhan pasien covid-19 kita ada terapi plasma konvalesen," kata Kepala UTD PMI Kota Banjarmasin, dr Aulia Ramadhan.

Kegiatan ini juga langsung dibantu Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto yang langsung di bawah Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

"Jadi kami laporan ke Kemenkes juga untuk Banjarmasin kalau ini berhasil nanti, mungkin akan lebih sering kita meminta kiriman ini dari pusat," ucap dia.

Ia juga menjelaskan Plasma Konvalesen diperoleh dari pendonor yang sudah sembuh dari Covid-19. "Kita ambil darahnya lalu kita ambil plasmanya untuk ditransfusikan ke pasien Covid-19," terangnya.

Menurutnya terapi Plasma Konvalesen ini sudah lebih dulu diterapkan di Jakarta dan Surabaya dan hasilnya ada yang membaik setelah pasien Covid-19 diberikan Plasma Konvalesen. "Makanya terapi penyembuhan untuk Covid-19 itu menggunakan terapi plasma ini," ungkapnya.

Dikatakannya Plasma Konvalesen langsung dikirim dari Jakarta dan baru pertama kalinya dalam kondisi masih membeku. "Tadi satu kantong sudah kita kirim, kita lihat nanti hasilnya," ujarnya.

Diketahui untuk harga per kantong plasma konvalesen mencapai Rp 4 juta. "Karena satu kantong ini kurang lebih 4 juta itu belum biaya transport kesini pengiriman kemudian biaya uji silang. Jadi kira-kira sampai 4,5 Juta lah," pungkasnya. (Fitri/Puji)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only