Menyusul Banjarmasin, Ini 4 Daerah di Kalsel yang Segera Terapkan PSBB | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

VIDEO BERITA

Minggu, 26 April 2020

Menyusul Banjarmasin, Ini 4 Daerah di Kalsel yang Segera Terapkan PSBB

BERITABANJARMASIN.COM - Setelah Kota Banjarmasin, empat kabupaten/kota di Kalsel rencananya juga melakukan PSBB guna mencegah laju perkembangan Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

Kota Banjarbaru, Kabupaten Banjar, Barito Kuala, dan Tanah Bumbu. Tiga kabupaten/kota diantaranya merupakan daerah penyangga berdekatan dengan Banjarmasin yang merupakan hasil local transmission kasus positif Covid-19. 

"Adanya usulan dari kabupaten/kota dimaksud, PSBB di wilayah yang mengalami peningkatan kasus Covid-19 ini sedang berproses," papar Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel Abdul Haris Makkie 

Prosedurnya Pemrov Kalsel akan mengirim surat pengajuan PSBB ke Kemenkes. Apabila disetujui kab/kota yang dimaksud wajib menerapkan PSBB di wilayah tersebut.

Menurutnya persyaratan daerah yang akan melaksanakan PSBB adalah kemampuan memiliki anggaran untuk menangani dampak sosial yang ditimbulkan di masyarakat. "Dari itu, kabupaten/kota didukung Pemprov Kalsel harus segera mempersiapkan," terang Ketua harian Tim Gugus Tugas Covid -19 Kalsel ini.

Hal tersebut sebagaimana diatur dalam PP Nomor 21 Tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar Dalam Rangka Percepatan Penanganan Covid-19.

Bagi Pemda yang menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) harus memenuhi beberapa kriteria seperti jumlah kasus dan/atau jumlah kematian akibat penyakit meningkat dan menyebar secara signifikan dan cepat ke beberapa wilayah sampai pada pertimbangan pemenuhan kebutuhan hidup dasar masyarakat yang akan melaksanakannya.

Disamping itu, mengenai pendataan bagi penerima bantuan Pemprov Kalsel akan mensinkronisasikan data yang ada pada kab/kota khususnya bagi 'orang miskin baru' imbas Covid-19. (maya/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only