Ramaikan HPN 2020, Pemkot Banjarmasin Pamerkan Wisata Sungai Biyuku | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Senin, 10 Februari 2020

Ramaikan HPN 2020, Pemkot Banjarmasin Pamerkan Wisata Sungai Biyuku


BERITABANJARMASIN.COM - Memeriahkan Hari Pers Nasional (HPN) 2020, Banjarmasin Village festival 2020 berlangsung meriah. Permainan tradisional dan kuliner khas Banjar yang ditampilkan di kawasan Sungai Biyuku, Kelurahan Sungai Andai, Ahad (9/2/2020).

Adapun lomba yang digelar seperti lomba dayung, lomba membuat lempeng balayung, dan lomba bakunyung ala biyuku. Sedangkan untuk atraksi permainan tradisional Banjar antara lain Balogo, Bagasing, Bakiak, Enggrang dan Ketapel.

UMKM juga ikut memeriahkan acara tersebut. Mereka memamerkan produknya seperti kain sasirangan, pernak pernik sasirangan, makanan khas Banjar dan berbagai jenis lainnya. Warga Sungai Biuku sendiri juga menyediakan makanan khas Banjar seperti Lempeng Balayung, dan kue khas Banjar lainnya.

Sebelumnya Banjarmasin Village Festival 2020 sudah digelar sejak Jumat yang dimula di Kampung Biru dan sorenya di Kampung Arab, Sabtu digelar di Kampung Hijau Sungai Bilu, dan juga Sungai Jingah Mewarung Beimbai. Di Sungai Biyuku inilah digelar puncak Banjarmasin Village Festival 2020.

Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina menyatakan, sangat senang, bangga dan sekaligus bersyukur destinasi Sungai Biyuku semakin dikenal dari hari ke hari. Apalagi, bebernya, tidak hanya dari wisatawan lokal yang sudah datang, berbagai wisatawan dari berbagai daerah tetangga bahkan wisatawan Internasinoal juga sudah pernah merasakan destinasi wisata alami dengan budaya sungainya.

"Oleh karena itu saya ucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang sudah terlibat, dan juga doa terutama kepada penduduk asli Sungai Biyuku yang kurang lebih ada sebanyak 40 KK," ucapnya.

Terlebih lagi, ungkapnya lagi, penduduk asli Sungai Biyuku kebanyakan mempunyai keterikatan keluarga antar sama lainnya yang tinggal di sana. Untuk itu, Ibnu mengucapkan terimakasih kepada seluruh warga Kampung Biuku yang sudah bersedia kampungnya dijadikan sebagai kampung wisata.  "Mudah-mudahan ini terus berkembang dan mengangkat harkat martabat juga kesejahteraan warga khususnya yang ada di sini," harapnya.

Banjarmasin Village Festival 2020 digelar untuk merayakan Hari Pers Nasional 2020 yang digelar di Kalimantan Selatan. Mengingat Banjarmasin adalah ibukota Provinsi Kalsel. Kegiatan ini juga mendukung program Pemerintah kota sekaligus juga menyambut tamu-tamu yang hadir masih dalam rangkaian HPN tahun 2020 yaitu Hari Pers Nasional yang hadir di Kota Banjarmasin peserta terakhir informasi ada kurang lebih 5000 peserta yang hadir pada saat puncak HPN, dan sebagiannya juga masih di Banjarmasin.

Sementara itu, Kepala Disbudpar Banjarmasin, Ihsan Al Haq mengatakan, dengan acara ini tidak akan terlaksana tanpa adanya dukungan dari Pemko Banjarmasin yang terus memperhatikan destinasi wisata di Banjarmasin.

"Sudah banyak destinasi wisata yang mulai berkembang di Banjarmasin. Itu semua tidak lepas dari dukungan Pemko Banjarmasin yang terus menciptakan wisata baru terutama disektor sungainya," ungkapnya. (arum/advertorial)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner