Indeks Pembangunan Kesehatan Kalsel Meningkat | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

VIDEO BERITA

Jumat, 22 November 2019

Indeks Pembangunan Kesehatan Kalsel Meningkat

BERITABANJARMASIN.COM- Indeks pembangunan kesehatan Kalimantan Selatan meningkat. Peningkatan tersebut terlihat dari jumlah presentase pada tahun 2013 ada di posisi 31 dari 33 Provinsi menjadi 24 dari 34 provinsi.

"Terjadi kenaikan loncatan progres walaupun tentu saja kita masih berada di bawah nasional terutama yang sepuluh besar," ujar Kepala Dinas kesehatan Kalsel Muhammad Muslim.

Menurutnya upaya ini harus terus di tingkatkan lagi ke depan, dalam hal ini ia juga mengatakan ada lima prioritas kesehatan yang harus di selesaikan yaitu, penurunan stunting yang merupakan progres nasional dimana saat ini Kalsel berada di bawah nasional, yaitu 30 persen dari 33 provinsi.

Selanjutnya penurunan kematian ibu dan bayi, imunisasi, penyakit tidak menular
seperti TBC, dan mengeliminasi penyakit menular. Dalam meniningkatkan kesehatan masyarakat banyak lembaga yang turut serta membantu seperti peranan lembaga suadaya masyarakat, pkk, kemudian organisasi kewanitaan. "Mereka sangat intens mendukung berbagai program di kegiatan kesehatan, semua kita libatkan akademisi organisasi profesi tokoh masyarakat, pemuka agama kita ajak kerjasama kita mendorong organisasi kepemudaan," jelasnya.

Hal tersebut diapresiasi dengan memberikan penghargaan kepada para insan kesehatan, maupun pemerhati kesehatan yang telah berjasa dalam meningkatkan kesehatan masyarakat, terutama di setiap wilayah.

"Jadi penghargaan mulai dari kepala daerah terkait dengan pembagunan kesehatan, para tenaga kesehatan terutama tenaga kesehatan strategis, dokter gigi, kemudian farmasi, perawat, bidan, kesehatan masyarakat, laboratorium, dan aksi sadar lingkungan," bebernya.

Dalam keaempatan yang sama Bupati Hulu Sungai Utara, Abdul Wahid mengatakan Kalsel menjadi salah satu daerah yang memberikan bukti dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Hal tersebut dengan diberikannya penghargaan bagi tenaga kesehatan baik di kabupaten/kota.

"Jadi kita bersyukur, bahwa tenaga kesehatan di Kalsel di kab/kota telah bekerja dengan baik dan daerah kalsel berharap agar derajat kesehatan masyarakat semakin baik dari waktu ke waktu." harapnya.(fitri/puji)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only