Barakallah, Mahasiswa ULM Buat Aplikasi Canggih untuk Ajak Makmurkan Masjid | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Selasa, 18 Juni 2019

Barakallah, Mahasiswa ULM Buat Aplikasi Canggih untuk Ajak Makmurkan Masjid


BERITABANJARMASIN.COM - Inovasi oleh mahasiswa Universitas Lambung Mangkurat (ULM) ini patut diacungi jempol. Mereka membuat aplikasi yang diberi nama "Sobat Masjid." Sebenarnya aplikasi apa sih ini?

Aplikasi ini akan dibawa ULM, dalam rangka mengikuti seleksi Nasional MTQMN XVI tahun 2019 bidang desain aplikasi komputer Al Quran.

kepada Beritabanjarmasin.com Muhammad Fadli Ridhani salah satu .ahasiswa ULM yang menciptakan aplikasi sobat masjid menjelaskan, aplikasi sobat masjid merupakan aplikasi yang mengajak umat muslim memakmurkan masjid.

Aplikasi sobat masjid akan menghubungkan antara pengurus masjid dan masyakarat agar bersama-sama andil memakmurkan masjid. Dengan aplikasi ini, nantinya ada hak akses untuk pengurus masjid yang menjadi admin dalam mengelola data masjidnya. "Kami juga menyediakan aplikasi mobile yang dapat diakses oleh masyarakat," ucapnya.

Mereka terinspirasi dari surah Al Quran. Yaitu surah At Taubah, ayat 18, yang berbunyi,
“hanyalah yang memakmurkan masjid-masjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, serta tetap mendirikan shalat, menunaikan zakat … ” (QS. At-Taubah [9]: 18).

Dalam pembuatan aplikasi Sobat Masjid Muhammad Fadli Ridhani menggunakan beberapa fitur, salah satunya yaitu, gamifikasi, gamifikasi adalah penggunaan teknik desain permainan, permainan berpikir dan permainan mekanik. Terdapat fitur ladang akhirat dalam aplikasi ini.

Dimana kita bisa mengumpulkan point dengan beberapa cara salah satunya ketika ada user (jemaah) yang datang ke masjid maka ia akan mendapatkan point, ini sudah menggunakan google maps untuk mengetahui posisi user tersebut dan membuat bagaimana algoritmanya agar pointnya bertambah.

"Ini yang menjadi salah satu kesulitan kami, di sisi lain deadline waktu pembuatan aplikasi yang sudah dekat membuat kami harus bekerja lebih maksimal agar bisa selesai sesuai dengan waktu yang ditargetkan," ucapnya kepada Beritabanjarmasin.com.

Untuk aplikasi yang dibuat mahasiswa ULM yaitu Muhammad Fadli Ridhani dan Nazarudin Syah itu sudah masuk pada seleksi nasional,  dengan mengirimkan proposal dan membuat video terkait aplikasi yang dibuat. 50 peserta terbaik akan lanjut ke tahap berikutnya. "Insya Allah dalam dua pekan lagi akan diumumkan. 50 peserta terbaik akan lanjut bertanding ke Aceh pada akhir Juli nanti," urai dia.

Lamanya pembuatan aplikasi Sobat Masjid memakan waktu satu pekan lamanya. Muhammad Fadli Ridhani juga meminta dukungannya dengan cara menonton hasil video mereka di link berikut: https://youtu.be/SGI4uSEUhEk.

"Kami juga memohon doa dan dukungan sobat, dengan cara memberikan like dan komentar serta membagikan videonya," ucapnya. (fitri/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only