Ophaal Brug, Jembatan Bergerak Buatan Belanda di Banjarmasin | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Selasa, 11 Desember 2018

Ophaal Brug, Jembatan Bergerak Buatan Belanda di Banjarmasin

BERITABANJARMASIN.COM - Infrastruktur yang dibangun kolonial Belanda di Banjarmasin tempo dulu, sekitar tahun 1914-an cukup menarik untuk dilihat. Seperti pembangunan jembatan angkat atau movable bridge.


foto: tropenmuseum


Bagi Belanda jembatan jenis ini disebut Ophaal Brug. Jembatan ini juga biasa disebut jembatan ringkap di Kalsel. Uniknya, bagian jembatan bisa diangkat jika kapal atau perahu besar lewat di bawah jembatan tersebut.


Di Banjarmasin, jembatan ini oleh pemerintah kolonial Hindia Belanda 'ditasmiyahi' dengan nama Jembatan Coen (sekarang Jembatan Dewi, Banjarmasin).


Beberapa Ophaal Brug ini sebelum Indonesia mengecap kemerdekaan sudah ada di sebagian wilayah Banjarmasin. Namun, sekarang, jembatan dengan jenis movable bridge, yang kebanyakan berbahan material kayu ini sudah tak bisa kita temukan lagi. Jembatan-jembatan kini dibangun lebih modern, dan dengan bahan yang lebih kuat. Setidaknya, kita masih bisa melihat foto-fotonya yang berseliweran di dunia maya. (sip/sip) 

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner