Harbolnas di Banjarmasin, Sebagian Senang, Sebagian Merasa ter-PHP | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Rabu, 12 Desember 2018

Harbolnas di Banjarmasin, Sebagian Senang, Sebagian Merasa ter-PHP

BERITABANJARMASIN.COM - Hari ini (12/12/2018) diperingati sebagai Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas). Beragam diskon ditawarkan oleh pelaku e-commerce di dunia maya. Bagaimana dengan di Banjarmasin?


ilustrasi: magazine job-like


Sebagian merasa senang karena mendapat diskon untuk berbelanja. Namun ada pula yang merasa kena PHP. Sebab, jika membeli barang dalam jumlah kecil, apalagi satuan, pada akhirnya harganya akan sama dengan harga asli ditambah dengan ongkos kirim.


Seperti dirasakan Yanto, semula ia ingin membeli buku di salah satu toko online yang menawarkan diskon hingga 40 persen. Ia pun langsung memesan buku dan melakukan proses di smartphone miliknya. Namun, saat dikalkulasi, ternyata ongkirnya lumayan tinggi dan jika digabung dengan harga buku, sama saja dengan membeli buku di toko konvensional. "Murah sih, tapi ongkirnya membuat harganya jadi harga normal," katanya kepada BeritaBanjarmasin.com.


Sebagai informasi, Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) dikutip dari berbagai sumber, adalah perayaan untuk mendorong dan mengedukasi masyarakat mengenai kemudahan berbelanja daring. Dicetuskan pertama kali ditahun 2012 oleh oleh perusahaan-perusahaan e-commerce di Indonesia umumnya mereka yang bergabung di Asosiasi Ecommerce Indonesia (IdeA).


Di negara seperti, KanadaInggrisJerman dan Jepang terkenal sebuah perayaan belanja online yang disebut Cyber Monday dimana para peritel mengadakan promo dan diskon besar setelah Thanksgiving Day (hari libur di Amerika Utara memperingati syukuran panen akhir tahun) untuk menarik konsumen berbelanja online. Cyber Monday sebenarnya diilhami dari perayaan belanja Black Friday yang dilaksanakan pada hari Jumat setelah Thanksgiving Day. (sip/sip) 

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner