Jaga Kebersihan Sungai, Rp1,2 Miliar Dikucurkan untuk 3 Kapal Sapusapu per Tahun | Berita Banjarmasin | Situs Berita Warga Banjarmasin

Rabu, 21 November 2018

Jaga Kebersihan Sungai, Rp1,2 Miliar Dikucurkan untuk 3 Kapal Sapusapu per Tahun

BANJARMASIN, BBCOM - Dana Rp1,2 miliar per tahun harus digelontorkan untuk biaya operasional tiga armada Kapal Sapusapu untuk membersihkan sungai dan anak sungai di Kota Banjarmasin.



Kapal Sapusapu merupakan kapal milik pihak ketiga yang disewa Pemkot Banjarmasin untuk beroperasi menjaga kebersihan sungai dari sampah kiriman dari kabupaten lain maupun sampah domestik.


Kepala Bidang Sungai Dinas PUPR Kota Banjarmasin, Thony menyampaikan kegiatan pembersihan yang dilakukan Kapal Sapusapu setiap hari dijatah empat jam kerja per hari sesuai kontrak dengan pihak pemilik kapal, 720 jam per enam bulan. "Untuk sewa kapal dan upah jasa membersihkan sungai tersebut kami bayarkan per setengah tahun," katanya, Rabu (21/11/2018).


Thoni menyebutkan untuk pengawasan kinerja dari awak Kapal Sapusapu tersebut pihak dinas memasang CCTV untuk menghitung kalkulasi jam kerja mereka yang akan dihitung dan dilaporkan setiap enam bulan untuk kemudian dilakukan transaksi pembayaran upah sewa dan jasa. "Sudah kami pasang CCTV di setiap kapal yang berjumlah tiga armada. Jadi kami bisa pantau lewat sana apakah cukup mereka kerjakan seharinya, atau malah kurang, semuanya terpantau di CCTV," ujar Thony.


Plt Kepala Dinas PUPR Kota Banjarmasin, Joko Pitoyo menyebutkan bidang sungai pada Dinas PUPR Kota Banjarmasin selalu mencapai hasil yang maksimal, serapan pertahun berada pada angka 100 persen. "Dalam menjalankan kinerja pihak yang ada di bidang sungai ini sangat bagus karena selain menjaga kebersihan sungai, mereka berhasil membuat siring di pinggiran sungai untuk memperindah," ucap Joko. (arum/sip) 

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
Banner iklan disini