IJTI Minta TNI AU Pelaku Penganiaya Jurnalis Diproses Hukum | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Selasa, 16 Agustus 2016

IJTI Minta TNI AU Pelaku Penganiaya Jurnalis Diproses Hukum

JAKARTA - Ikatan Jurnalis Televisi Indonesi (IJTI) meminta kepada Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Agus Supriatna untuk dapat memproses secara hukum anggota TNI AU yang telah melakukan tindak penganiayaan terhadap dua jurnalis saat melakukan peliputan unjuk rasa warga Kelurahan Sari Rejo, Kecamatan Medan Polonia, Senin (15/8).

Hal tersebut disampaikan Ketua Umum IJTI Yadi Hendriana, dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Selasa (16/8) dikutip dari aktual.com.

“Kami minta memroses secara hukum pelaku kekerasan yang juga bertentangan dengan UU Pers No. 40 Tahun 1999,” katanya.

Sejumlah wartawan meliput unjuk rasa warga Kelurahan Sari Rejo terkait sengketa lahan dengan TNI AU. Namun, unjuk rasa tersebut berujung bentrokan dengan adanya rajia yang dilakukan prajurit TNI AU. Dua orang wartawan ikut mengalami luka-luka akibat mengalami penganiayaan dari prajurit TNI AU.

Kedua wartawan tersebut adalah Arai Argus dari Tribun Medan dan Andri Syafrin Purba dari MNC yang harus dirawat di salah satu RS di Jalan AH Nasution Medan.

Pada saat melakukan peliputan, salah seorang anggota TNI AU melakukan “sweeping” dengan mengambil paksa camera, “id card” dan dompet Andri Syafrin.

“Kami minta pihak TNI AU mengembalikan barang yang diambil secara paksa oleh oknum TNI AU,” tegas Yadi.

Selain dua tuntutan tersebut, IJTI juga sudah melakukan koordinasi dengan Dewan Pers untuk mengawal kasus ini supaya tuntas dan menugaskan Satgas Anti-Kekerasan terhadap Pers untuk terjun ke lapangan.

Selanjutnya, IJTI juga mengimbau kepada seluruh jurnalis di Tanah Air, untuk bekerja sesuai dengan kode etik, menjunjung tinggi prinsip-prinsip jurnalistik dan penuh tanggung jawab. (sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner