Nyamannya Ae, Gangan Paliat Khas Tabalong | Berita Banjarmasin | Berita Kalimantan Selatan | Media Online Banjarmasin

Kamis, 07 Januari 2016

Nyamannya Ae, Gangan Paliat Khas Tabalong

BERITABANJARMASIN.COM - Kalimantan Selatan memiliki sejuta pesona, baik itu keindahan alamnya, kerajinan tangan, kebudayaan, dan juga kuliner khas. Saat ini masakan yang terkenal dari Kalimantan Selatan adalah soto banjar, akan tetapi masih banyak masakan khas banua yang sangat enak untuk di coba. Salah satunya adalah gangan paliat.

Gangan paliat sendiri adalah kuliner khas dari Kabupaten Tabalong. Tepatnya berada di Desa Paliat, Kecamatan Kalua. Gangan paliat untuk warga di luar Tabalong barangkali belum terlalu akrab di telinga. Namun untuk warga Tabalong gangan paliat ini sangat populer, karena warung paliat hanya ada di pasar Kalua, Terminal Mabuun dan di Tamiang Layang saja.

Gangan paliat hanya biasa diracik dari beberapa ikan seperti ikan patin, baung, haruan dan udang. Penyajian gangan  berwarna kekuningan itu di sajikan bersama sambel dan juga  sayuran yang direbus. Sayur kacang panjang, terong baras, daun jenjer dan daun singkong sebangai lalapan, menambah nikmat kuliner satu ini.

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only