Giliran Sudan Putuskan Hubungan dan Usir Diplomat Iran | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Selasa, 05 Januari 2016

Giliran Sudan Putuskan Hubungan dan Usir Diplomat Iran

SUDAN pada Senin kemarin (4/1/2015) memutuskan hubungan diplomatik dengan Iran dan mengusir duta besar Iran pasca penyerangan misi diplomatik Arab Saudi di Teheran dan kota Iran Mashhad, menurut seorang pejabat Sudan.Ali Alsadig, juru bicara Kementerian Luar Negeri Sudan, mengatakan kepada Anadolu Agency bahwa Khartoum juga telah memutuskan untuk segera menarik duta besarnya dari Teheran.

 Sebelumnya pada hari Sabtu, demonstran Iran menyerang kedutaan Saudi di Teheran dan konsulat Saudi di Masyhad untuk memprotes eksekusi tokoh Syiah terkemuka Nimr Baqir al-Nimr oleh pemerintah Saudi.
Demonstran berhasil membakar gedung kedutaan sebelum akhirnya dibubarkan oleh pasukan keamanan Iran.
Pada hari Ahad, pemerintah Sudan mengutuk keras serangan tersebut dan menyatakan solidaritas penuh mereka dengan Arab Saudi.
Tahun lalu, Sudan juga memilih menjauh dari kerjasama lama mereka dengan Iran dan memilih bergabung dengan kampanye militer yang dipimpin Saudi untuk melawan Syiah Houthi dukungan Teheran di Yaman.[fq/islampos]

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner