Pagi Ini Ba'ayun Maulid di Halaman Masjid Sultan Suriansyah | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Kamis, 24 Desember 2015

Pagi Ini Ba'ayun Maulid di Halaman Masjid Sultan Suriansyah

BERITABANJARMASIN.COM - Memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW, hari ini (24/12/2015) bertepatan dengan 12 Rabiul Awal 1437 Hijriah, diadakan tradisi ba'ayun maulid di halaman Masjid Sultan Suriansyah, Jalan Kuin Utara Banjarmasin. Acara dimulai sejak pukul 08.00 WITA.

Tradisi ba'ayun maulid ini akan dihadiri oleh penjabat sementara (Pjs) Walikota Banjarmasin HM Thamrin. Ba'ayun maulid sendiri dikutip dari wikipedia adalah kegiatan mengayun bayi atau anak sambil membaca syair maulid. Ba'ayun mulud dilaksanakn untuk merayakan Maulid Nabi Muhammad SAW setiap tanggal 12 Robiul Awal.

Tradisi ini dilaksanakan oleh masyarakat Banjar, Kalimantan Selatan. Kata Ba'ayun artinya ayunan atau buaian, sedangkan kata mulud berasal dari bahasa Arab yang artinya ungkapan masyarakat Arab untuk kelahiran Nabi Muhammad SAW. Dengan demikian, Ba'ayun Mulud artinya kegiatan mengayun anak (bayi) sebagai bentuk rasa syukur atas kelahiran Nabi Muhammad SAW.

photo: banuahujungtanah.wordpress.com

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner