Begini Cara Bikin Es Tanpa Kulkas dan Listrik | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Minggu, 01 November 2015

Begini Cara Bikin Es Tanpa Kulkas dan Listrik

Bikin es dengan cepat tanpa kulkas dan hanya dengan alat serta bahan yang sederhana bukan mustahil. Anda bisa mencobanya di rumah bersama keluarga sambil bereksperimen seru loh. Cara ini dapat membuat es yang  bisa beku lebih cepat dibanding diletakkan dala. kulkas.

Bahan yang diperlukan antara lain : Plastik es 10 lembar, susu kental manis 2 sachet, karet gelas 10 atau tali rapiah, Air mineral 500 ml, garam dapur kasar 1 kg, es batu 2 kantong ukuran 1 kg, spatula atau pengaduk, mangkuk 1 buah, termos kecil atau jika tidak ada boleh di ganti dengan teko plastik ukuran 1 ,5 Liter.

Adapun cara pembuatan :
1.  Campur susu dengan air pada mangkuk menggunakan saptula, Jika kurang manis boleh di tambah gula atau sesuai selera.
2.  Campuran susu tadi di tuang pada masing-masing plastik es mambo lalu diikat menggunakan karet atau tali rapiah
3.  Es batu di hancurkan menjadi bentuk yang lebih kecil lalu masukkan kedalam termos. Pada bagian tengahnya sisipkan susu yang telah di wadahi tadi.

Kemudian beri taburan garam. Tunggu beberapa saat es akan tanpak membeku. Fungsi dari garam adalah untuk emmpertahankan supaya es batu tetap dingin dan tidak mudah mencair. Agar es akan cepat membeku lakukan kegiatan menggoyang-goyang.

Anda juga bisa melihat cara membuat es goyang sendiri di rumah dengan mudah dari video ini: https://youtu.be/NKKd1uP5gxY

Source: http://bali.kemenag.go.id
foto: google

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner