Mungkinkah Balon Google Melintasi Banjarmasin? | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Kamis, 29 Oktober 2015

Mungkinkah Balon Google Melintasi Banjarmasin?

BERITABANJARMASIN.COM - Saat melakukan kunjungan ke Amerika Serikat, Menkominfo Rudiantara menyepakati kerjasama Indonesia dengan raksasa teknologi Google. Kesepakatan ini tentang dijalankannya uji teknis proyek balon Google di Indonesia mulai 2016. Jika ini nantinya dijalankan, mungkin saja balon Google (Google Loon Project) bakal melintasi Banjarmasin. Apa sih balon Google ini?

Seperti dilansir dari National Geographic, Google tengah mengembangkan proyek yang akan menghadirkan jaringan internet dengan wahana balon. Harapannya proyek yang diberi nama Project Loon ini seluruh daerah terpencil dapat memiliki akses internet.

Maret lalu balon udara Google ini sempat melintasi beberapa wilayah Indonesia. Tepatnya sekitar pukul 12.30 WIB, Flightradar24 melaporkan, balon dengan kode HBAL436 melintas di atas laut Jawa. Ketinggian jelajah HBAL436 tidak mengganggu penerbangan karena berada pada ketinggian 35.000 hingga 40.000 kaki.

Balon yang diterbangkan Google akan berperan seperti satelit, namun dengan tenaga surya. Sejak Juni 2013, balon udara milik Google telah menjalani berbagai uji coba. Ketika itu, ada 30 balon di Selandia Baru dan akhirnya memancarkan sinyal internet.

Bagaimana cara kerja balon udara Google? Balon ini menggunakan teknologi LTE sebagai penyedia konektivitas. Pergerakannya tergantung angin dan berada pada ketinggian 20 kilometer atau setingkat stratosfer. Setiap balon dapat menyediakan konektivitas seluas 40 kilometer.

source: national geographic
foto: raseco.web.id

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner