Makan Nasi Masak Kemarin Bisa Bikin Sehat? | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Minggu, 19 April 2015

Makan Nasi Masak Kemarin Bisa Bikin Sehat?

BANUAONLINE.COM - Fakta baru menyebut bahwa nasi yang disimpan semalaman, dengan catatan nasi tersebut belum basi, ternyata membuat beberapa zat di dalamnya bereaksi kimia dan memberi manfaat positif untuk tubuh.

Lebih dari itu, diketahui bahwa kandungan kalori yang ada di dalam nasi tersebut sudah berkurang 60 persen, jika dibanding dengan nasi yang baru masak. Ini menguntungkan bagi penderita diabetes atau gula darah tinggi.
Menurut ilmuwan yang juga ahli mikrobiologi, Martin Goldberg, nasi kemarin yang hendak dikonsumsi sebaiknya tak dipanaskan lagi. Memanaskan dapat membuat bakteri jenis Bacillus cereus yang hidup didalamnya bertahan, dan sporanya memperbanyak diri dan mengeluarkan neurotoksin.
Dilansir dari berbagai literatur, cara memasak nasi yang benar akan membuat nasi jadi lebih tahan lama dan juga sehat. Caranya adalah dengan menambahkan minyak kelapa saat hendak memasukkan beras ke dalam air mendidih di panci.
Kemudian, memberi 1-2 sendok minyak kelapa di air untuk memasak nasi akan menurunkan kadar kalori nasi, sekaligus menyehatkan karena saat dikonsumsi maka zat patinya tidak serta merta diolah menjadi glukosa dan terserap tubuh. (DWI/tajuk.co)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner