Cegah DBD, Dewan Banjarmasin Imbau Warga Tingkatkan Pola Hidup Bersih | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Minggu, 25 Februari 2024

Cegah DBD, Dewan Banjarmasin Imbau Warga Tingkatkan Pola Hidup Bersih

BERITABANJARMASIN.COM - Anggota Komisi IV DPRD Banjarmasin, Abdul Muis mengimbau warga untuk meningkatkan pola hidup bersih untuk mencegah penyebaran Demam Berdarah Dengue (DBD). 

Hingga Sabtu (24/2/2024), kasus DBD di Banjarmasin mengalami lonjakan yang cukup signifikan. Tercatat sudah ada 33 kasus DBD, angka ini meningkat atau naik hingga 50 persen dari sebelumnya yang hanya 17 kasus.

"Oleh karena itu warga harus membangun kesadaran diri untuk lebih peduli terhadap kesehatan dan kebersihan lingkungan," ujar Muis mengingatkan.

Pencegahan lanjut Muis bisa dilakukan di lingkungan sekitar tempat tinggal dengan 3M Plus, yakni menutup tempat penyimpanan air, menguras bak mandi, serta mengubur dan mendaur ulang barang tak terpakai.

Hal tersebut kata ia, guna menghindari berkembang biaknya jentik nyamuk penyebab DBD yang suka hidup di air tenang atau tergenang. 

Bagi masyarakat yang mengalami gejala umum DBD, ia meminta agar segera memeriksakan diri ke pelayanan kesehatan terdekat seperti puskesmas untuk dilakukan penanganan lebih lanjut. 

Gejala umum yang biasa dirasakan penderita DBD yakni demam tinggi dan juga disertai nyeri pada tubuh. Jika sudah parah, penyakit ini juga dapat memicu dan berpotensi mengancam nyawa.

"Kedepan kami mengharapkan kasus DBD di Banjarmasin bisa menurun dan semua pihak berjibaku untuk melakukan pencegahan DBD," terangnya. (maya/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner