Wali Kota Banjarmasin Lepas 500 Pendekar Ajang Kirab se-Kalsel | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Selasa, 28 November 2023

Wali Kota Banjarmasin Lepas 500 Pendekar Ajang Kirab se-Kalsel

BERITABANJARMASIN.COM - Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina lepas 500 pendekar di ajang kirab pendekar se Kalsel, Siring Menara Pandang, Minggu (26/11/2023).

Ibnu mengatakan kirab tersebut merupakan rangkaian dari parang day yang baru pertama kali di gelar di Banjarmasin dengan mengangkat seni bela diri kuntau dan seni bela diri menggunakan parang.

"Kita mengundang para pendekar seluruh Indonesia. Terutama yang tergabung dalam organisasi silat tradisional internasional," paparnya.

Kegiatan tersebut turut dihadiri tamu luar negeri, yaitu Turki, Brunnei, dan Singapura.

Selain itu Ibnu menyampaikan bahwa Banjarmasin patut berbangga, dikarenakan kain sasirangan dijadikan kain resmi lomba rebut selempang sejak 2020 lalu.

"Baik tingkat nasional maupun internasional lomba rebut selempang," imbuhnya.

Ini ujar wali kota dua periode itu unik karena kain sasirangan dijadikan kain selempang diajang lomba para pendekar.

Sebab kata ia kain sasirangan dianggap lembut dari kain lainnya, sehingga lebih aman sebagai selempang yang diperebutkan saat para pendekar bertanding.

"Sehingga dianggap cukup aman sebagai kain selempang lomba rebut selempang," ujarnya.

Ia pun sangat bersyukur generasi milenial saat ini sudah mengetahui akan berbagai tradisi bela diri di kota seribu sungai.

Membuat para generasi muda bisa mengambil alternatif positif lainnya, dari tradisi banjar melalui bela diri seni budaya tersebut. (arum/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner