DLH Banjarmasin Susun Rencana Pembangunan Jangka Panjang Melalui KLHS | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Jumat, 10 November 2023

DLH Banjarmasin Susun Rencana Pembangunan Jangka Panjang Melalui KLHS

BERITABANJARMASIN.COM - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Banjarmasin  bersama SKPD Lingkup Pemkot Banjarmasin melakukan penyusunan Rencana Pembanguan Daerah Jangka Panjang, melalui kajian lingkungan hidup strategis (KLHS).

Kepala DLH Kota Banjarmasin, Alive Yoesfah Love, mengatakan bahwa kondisi lingkungan hidup Kota Banjarmasin dinilai sudah sangat memprihatinkan. Hal itu dikarenakan sudah minimnya resapan air yang apabila tidak diatasi berisiko banjir. "Kita perlu melakukan kajian jangka panjang, akan hal itu," ucapnya, Kamis (9/11/2023).

Oleh sebab kata Alive perlu melakukan perencanaan untuk 20 tahun ke depan bersama SKPD terkait nantinya dalam hal kelangsungan lingkungan hidup.

Misalnya yang terjadi saat ini sungai di Banjarmasin sudah dangkal, kualitas air sungai sudah menurun, pemukiman sudah padat, eksplorasi pembangunan perumahan juga memadati dan memaksa ruang hijau semakin tergerus.

"Hampir semua sektor, kondisi tatanan lingkungan hidup di Banjarmasin mengkhawatirkan. Kita perlu data SKPD terkait untuk mengurangi dampak pembangunan kota," paparnya.

Terlebih jumlah penduduk Kota Banjarmasin idealnya maksimal 600 - 700 ribu penduduk dari luasan 98,46 meter, Jika melebihi itu maka pengaruh kepada lingkungan hidup sangat kuat.

Ditambah minimnya ruang terbuka hijau di Banjarmasin yang hanya 4 persen. Sedangkan Kementerian Lingkungan Hidup meminta 30 persen RTH ada disetiap daerah. "Ini menjadi PR kita bersama dalam menangananinya," imbuhnya.

Ia pun berharap dengan rancangan jangka panjang tersebut, bisa memberikan gambaran penataan kota lebih baik lagi. (arum/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner