DKP3 Banjarmasin Bakal Bangun Rumah Potong Unggas Beralat Modern | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Sabtu, 10 Juni 2023

DKP3 Banjarmasin Bakal Bangun Rumah Potong Unggas Beralat Modern

BERITABANJARMASIN.COM - Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Banjarmasin bakal membangun Rumah Potong Unggas (RPU) tahun ini.

Kepala DKP3 Kota Banjarmasin, Makhmud mengatakan pembangunan menggunakan APBD 2023 Rp5,2 miliar. "Sudah masuk Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) dalam proses lelang," bebernya, Sabtu (10/6/2023).

Pembangunan RPU akan dilengkapi peralatan modern yang mampu membersihkan ayam secara mudah dan cepat. Memenuhi standar kelayakan empat syarat aman, utuh, sehat dan halal.

Kemudian hasil limbahnya dibuang ke tempat khusus yang telah disiapkan. Agar tidak menimbulkan pencemaran lingkungan dari proses pembersihan maupun pemotongan.

Menanggapi hal itu, salah satu pekerja pemotongan hewan unggas Muhammad Nasir mengaku pihaknya kurang setuju jika dinas membangun RPU dengan peralatan modern.

Hal itu menurutnya dapat mengurangi intesitas para pekerja dalam bekerja jika proses pembersihan hingga pemotongan hewan unggas itu nantinya dilakukan oleh mesin. "Tapi kami hanya bisa pasrah, karena kami tidak memiliki wewenang," ungkapnya.

Ia berharap  pemerintah bisa memberikan solusi terbaik bagi ia bersama pekerja lainnya agar tetap bisa memenuhi kebutuhan mereka. Misalnya tambahnya RPU bukan dibangun dengan alat modern namun lebih ke rehabilitas bangunan gedung saat ini yang dinilai sangat tidak layak. (arum/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner