Pekerja Seni di Banjarmasin Rayakan Hari Teater Dunia dengan Aruh Teater 2023 | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Selasa, 02 Mei 2023

Pekerja Seni di Banjarmasin Rayakan Hari Teater Dunia dengan Aruh Teater 2023

BERITABANJARMASIN.COM – Para pegiat seni teater di Banjarmasin menggelar kegiatan besar beberapa waktu mendatang. Tepatnya pada 5 hingga 7 Mei 2023 di Taman Budaya Kalimantan Selatan. Namanya Aruh Teater Kalsel 2023.

Ketua pelaksana kegiatan tersebut Ferdi Irawan menjelaskan, acara ini merupakan pelaksanaan Hari Teater Dunia yang diperingati tiap 27 Maret. Perayaan diundur agar tidak mengganggu ibadah Ramadhan.

Diungkapkan Ferdi, perayaan Hari Teater Sedunia di Kalsel sejatinya telah dilaksanakan sebanyak sepuluh kali. “Sejak 2013 sampai 2022,” katanya.

Momen tersebut biasanya digunakan pegiat seni teater, khususnya di lingkungan komunitas teater kampus, untuk berkumpul dan membaca ulang perjalanan di dunia kreatif.

Pada tahun ini, perayaan tersebut mendapat apresiasi dari lingkungan yang lebih luas. Bukan lagi hanya digerakkan oleh komunitas teater kampus, tapi juga pegiat dari luar kampus. Peserta kegiatan juga datang dari berbagai daerah di Kalimantan Selatan.

“Kegiatan ini terlaksana atas kerjasama Dewan Kesenian Banjarmasin, Forum Komunikasi Pekerja Seni Kalimantan Selatan (FKPSK), dan UPTD Taman Budaya Kalimantan Selatan.

Nama kegiatan pun mengalami perubahan. Biasanya acara hanya disebut Hari Teater Sedunia. “Aruh itu dipinjam dari kegiatan religi masyarakat adat di Kalimantan Selatan,” ujar Ferdi.

Selain menggunakan nama Aruh, Ferdi paparkan jika konsep penyelenggara juga mengadopsi dari pesta rakyat tersebut. 

Aruh Teater 2023 mengusung tema “Membaca Akar Menjaga Keberlangsungan”. Kata Ferdi lagi, selain pertunjukkan, dalam tiga hari tiga malam itu juga akan ada acara diskusi terkait perkembangan teater dan mengenang tokoh seniman teater yang telah berpulang. 

“Ada tiga tokoh yang dibaca, Almarhum Bakhtiar Sanderta, DMA H Adjim Arijadi, dan Abdussukur MH,” ungkap Ferdi. (rilis)

Ilustrasi: creatifina

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner