Pemprov Kalsel Dan Perpusnas RI Gelar Workshop Akreditasi Perpustakaan | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Kamis, 30 Maret 2023

Pemprov Kalsel Dan Perpusnas RI Gelar Workshop Akreditasi Perpustakaan

Suasana Workshop Akreditasi Perpustakaan di Banjarmasin. MC Kalsel/Jml

BERITABANJARMASIN.COM - Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalsel terus mendorong agar perpustakaan di Banua terakreditasi.

Kepala Dispersip Kalsel, Nurliani Dardie mengatakan, hal ini sejalan dengan visi misi Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor untuk mengembangkan sumber daya manusia yang berkualitas dan berbudi pekerti luhur.

Berdasarkan Pasal 11 Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007, setiap jenis perpustakaan harus memenuhi standar, seperti standar koleksi, sarana dan prasarana, pelayanan, tenaga perpustakaan, standar penyelenggaraan, dan standar pengelolaan.

“Agar dapat memenuhi standar tersebut, setiap jenis perpustakaan harus melewati proses akreditasi yang dilaksanakan oleh Badan Akreditasi Nasional. Akreditasi adalah pengakuan formal yang diberikan oleh Badan Akreditasi terhadap kompetensi suatu lembaga atau organisasi dalam melakukan kegiatan pengelolaan perpustakaan sesuai ketentuan yang ada,” katanya, Banjarmasin, Kamis (30/3/2023).

Nurliani bersyukur, upaya Pemerintah Provinsi Kalsel ini mendapatkan dukungan dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, yang mana Provinsi Kalsel menjadi salah satu provinsi yang terpilih sebagai tempat penyelenggaraan Workshop Akreditasi di 2023 yang difasilitasi oleh Perpusnas RI.

“Kita bersyukur bahwa Kalsel masih berkesempatan meningkatkan kemampuan berbagai jenis perpustakaan, untuk diikutsertakan pada pelaksanaan akreditasi perpustakaan,” imbuhnya.

Berdasarkan data Perpustakaan Nasional RI, lanjut Nurliani, dari berbagai jenis perpustakaan di Kalsel, yang sudah diakreditasi jumlahnya sangat sedikit, dan masih banyak perpustakaan di Banua yang belum mengikuti akreditasi perpustakaan.

Nurliani pun berkomitmen, akan selalu berupaya setiap tahunnya agar semua jenis perpustakaan di Kalsel lebih banyak lagi yang mengikuti akreditasi, sehingga kualitas penyelenggaraan perpustakaan akan lebih baik lagi di masa depan, termasuk untuk meningkatkan indeks pembangunan literasi masyarakat guna mewujudkan Kalsel Makmur, Sejahtera dan Berkelanjutan. MC Kalsel/Jml

(Media Center Pemprov Kalsel)
Foto: Media Center Pemprov Kalsel

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner