Hari Dongeng Sedunia, Ria Enes dan Boneka Suzan Hibur Anak-anak di Banjarmasin | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Selasa, 21 Maret 2023

Hari Dongeng Sedunia, Ria Enes dan Boneka Suzan Hibur Anak-anak di Banjarmasin

BERITABANJARMASIN.COM - Ria Enes dan Boneka Susan memeriahkan peringatan Hari Dongeng Sedunia bersama anak-anak di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalsel, Jl KM6 Banjarmasin, Senin (20/3/2023).

Kegiatan mendongeng menggunakan metode bercerita seraya bermain dan belajar tersebut dihadiri ratusan antusias anak-anak atau sekitar 479 peserta yang ikut.

Menurut perempuan yang akrab disapa Kak Ria ini mendongeng dan menyanyi merupakan cara belajar efektif karena membuat gembira anak-anak sehingga mudah mencerna isi materi yang disampaikan.

"Penelitian juga sudah membuktikan manfaat dongeng sangat banyak diantaranya anak-anak bisa mengenal karakter diri sendiri," ujarnya.

Hal ini kata ia yang perlu dilatih agar mereka memiliki penguasaan diri yang bagus dan bisa bergaul serta bersosialisasi yang pada gilirannya mereka merasa nyaman dengan lingkungan dan bisa menerima materi apapun yang diberikan oleh guru, orang tua atau lembaga perpustakaan.

Saat ini kata dia masih banyak orang tua maupun sebagian guru yang punya kemampuan mendongeng namun tidak percaya diri dalam menyampaikan pembelajaran dengan metode tersebut. 

"Berdongeng itu penyampaiannya berjalan alami sama halnya kita ngobrol dengan penyampaian menarik dan mengandung pesan moral," katanya.

Sementara itu, Kadispersip Provinsi Kalsel Nurliani Dardie mengungkapkan hampir semua pendongeng sudah pernah dihadirkan di Kalsel. 

Dimana Tujuannya untuk meningkatkan kreativitas dan keterampilan penalaran anak-anak serta menumbuhkan minat baca sejak dini.

"Salah satunya kami hadirkan pendongeng Ria Enes dan boneka Suzan untuk memberi ilmu yang bermanfaat bagi anak-anak usia dini," terangnya. (maya/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner