BI Kalsel Siapkan Rp2,79 T untuk Penukaran Uang Selama Ramadhan | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Rabu, 22 Maret 2023

BI Kalsel Siapkan Rp2,79 T untuk Penukaran Uang Selama Ramadhan

BERITABANJARMASIN.COM - Bank Indonesia (BI) Kalsel menyiapkan Rp2,79 triliun untuk penukaran uang selama bulan Ramadhan dan Idulfitri 1444 H/2023 M. 

Kesiapan ini ditandai dengan peluncuran program Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idulfitri (Serambi) di halaman kantor BI Kalsel, Selasa (21/3/2023).

Disampaikan Kepala BI Perwakilan Kalsel, Wahyu Pratomo angka ini mengalami peningkatan 3,08 persen dibanding tahun 2022. "Dikarenakan dibukanya PPKM dan perekonomian semakin meningkat," ucapnya.

Ada kurang lebih 207 titik untuk lokasi penukaran disediakan BI yang dikerjasamakan dengan perbankan baik itu Bank umum maupun Bank Pengkreditan Rakyat (BPR). "Jadi ada 185 titik dari Bank Umum dan 22 titik oleh BPR," ujarnya.

BI juga menyediakan layanan inovasi berupa Drive Thru. Jadi masyarakat bisa melakukan pelayanan setiap pukul 09.00 Wita hingga 12.00 siang.

Selain itu, penukaran uang juga dilakukan melalui susur sungai minimal dua kali dilaksanakan di Kalsel. "Apabila peminatnya tinggi maka akan kami tambah frekuensinya," ucapnya.

Pihaknya lanjutnya juga bekerjasama dengan perbankan dalam Kas Keliling Bersama (Kaliber) di Banjarmasin, Barabai dan Wilayah Kotabaru.

Ia menyebut untuk memudahkan dan mempercepat pelayanan maka penukaran uang dilakukan per paket/per orang sebesar Rp3,8 juta yang pecahannya tersebut sudah diatur oleh BI.

Sementara itu, Sekda Provinsi Kalsel Roy Rizali Anwar memberikan dukungan berbagai pelayanan penukaran uang rupiah oleh BI tersebut. "Karena biasanya ramadhan dan idulfitri dilakukan masyarakat di Kalsel untuk saling berbagi," katanya. (maya/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner