Berikan Edukasi Kepengrajin, Ketua Dekranasda Kota Banjarmasin Buka Langsung Forum Diskusi Sasirangan | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Jumat, 10 Maret 2023

Berikan Edukasi Kepengrajin, Ketua Dekranasda Kota Banjarmasin Buka Langsung Forum Diskusi Sasirangan

BERITABANJARMASIN.COM - Berikan edukasi terkait sasirangan Ketua Dekranasda Kota Banjarmasin Siti Wasilah buka langsung forum diskusi sasirangan, Di Siring Menara Pandang Jumat (10/3/2023).

Forum tersebut, turut menghadirkan para Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dari seluruh pengrajin sasirangan di Kota Banjarmasin.

"Dalam diskusi ini kita menghadirkan narasumber dari Kemenkumham, Bank Indonesia, Dewan Kesenian dan desainer nasional juga akan tampil pada rangakaian malam ini," ucap Ketua Dekranasda Kota Banjarmasin, Siti Wasilah.

Dalam forum diskusi kali ini lanjut Wasilah, tema yang diangkat lebih mengarah pada kekayaan intelektual dari karya cipta motif sasirangan itu sendiri. 

Dimana dalam forum diskusi itu membahas terkait pakem dari motif yang dihasilkan oleh para pengrajin sasirangan itu sendiri dengan menghargai budaya dan tetap mengembangkan motif-motif kontemporer yang juga memperhatikan pengunaannya agar bisa ramah dengan desainer.

"Serta pengembangan verifikasi produk berbahan sasirangan. Baik itu berupa aksesoris bahkan sampai pengunaannya hingga pewarnaannya," tutur Wasilah.

Melalui forum sasirangan ini, Wasilah berharap dari para pengrajin bisa mendapat catatan untuk evaluasi dan bisa mendorong produknya lebih baik lagi.

Di samping itu, istri Wali Kota Banjarmasin itu mengungkapkan catatan penting dari hasil diskusi itu akan ditindaklanjuti dalam produksi buku yang sudah direncanakan di dalam anggarkan Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin melalui Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Kota Banjarmasin.

"Nah di situ nanti kita akan mengundang budayawan, maestro sasirangan untuk kita merumuskan apa yang menjadi aspirasi dari pengrajin termasuk dengan PR-PR kita yang terkait tema dalam forum diskusi kita," jelasnya.

Pihaknya juga terus berusaha mendorong para pengrajin sasirangan agar tetap bisa menjaga Tiga Tas yakni Kualitas, Kuantitas dan Kontinuitas untuk bisa menyasar pasar yang lebih tinggi lagi bahkan bisa ekspor. 

Maka dari itu, perlunya menjaga kualitas yang baik dari kain sasirangan yang dihasilkan oleh pengrajinnya agar bisa dilirik.

Di samping itu, ia berharap para pengrajin sasirangan harus mau terhimpun dalam sebuah kelompok agar perhatikan yang diberikan Pemko Banjarmasin kepada pengrajin kain tradisional banjar itu bisa dirasakan langsung. 

"Karena bantuan digelontorkan pada kelompok bukan perorang. Tentunya itu jadi PR kami juga untuk mendorong mereka agar bergabung ke sebuah kelompok," pungkasnya. (Adv)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner