Kalsel Dijadwalkan ASO, Masyarakat Bisa Dapatkan STB di Toko Elektronik | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Senin, 27 Februari 2023

Kalsel Dijadwalkan ASO, Masyarakat Bisa Dapatkan STB di Toko Elektronik

Kepala Dinas Kominfo Provinsi Kalsel, Muhamad Muslim. MC Kalsel/dok


BERITABANJARMASIN.COM - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menjadwalkan Analog Switch Off (ASO) wilayah Kalimantan Selatan (Kalsel) 1, yakni Banjarmasin, Banjarbaru, Banjar, Barito Kuala, dan Tanah Laut (Banjarbakula) bersamaan dengan Bali 1 dan Sumatra Selatan 1.

Menyikapi hal ini, Kepala Dinas Kominfo Kalsel, M Muslim, mengimbau masyarakat di wilayah tersebut yang memiliki televisi analog dan tidak bisa menerima sinyal digital agar segera memasang Set Top Box (STB).

“Masyarakat bisa membeli STB di toko elektronik maupun online, jauh-jauh hari sebelum ASO diberlakukan. Pastikan membeli STB yang telah tersertifikasi Kementerian Kominfo dan berlogo SNI,” kata Muslim, Banjarbaru, Sabtu (25/2/2023).

Di sisi lain, Muslim mengatakan salah satu indikator kesiapan pelaksanaan ASO adalah distribusi STB ke rumah tangga miskin yang mencapai 90 persen. Sementara berdasarkan laporan yang Ia terima dari Lembaga Penyiaran Swasta (LPS), penyaluran STB di wilayah Kalsel 1 masih di bawah 20 persen.

ASO adalah penghentian siaran televisi analog untuk bermigrasi ke digital, dengan siaran yang lebih bersih, lebih jernih, dan lebih canggih. Dengan ASO, masyarakat bisa menyaksikan tayangan yang lebih berkualitas dan beragam.

“Kami berkoordinasi dengan LPS untuk percepatan distribusi STB. Jika ada kendala distribusi di lapangan, seperti sinkronisasi data supaya bisa segera diatasi,” ucap Muslim.

Selain Banjarbakula, Muslim menyebutkan Kotabaru adalah daerah lainnya di Kalsel yang nantinya melaksanakan ASO, sedangkan kabupaten lainnya merupakan wilayah yang tidak ada lagi operasional siaran televisi analog.

“Tapin, HSS, HST, HSU, Balangan, dan Tabalong tidak ada operasional TV analog, namun menggunakan siaran digital, parabola, satelit, dan lain sebagainya,” kata Muslim. MC Kalsel/AY

(Media Center Pemprov Kalsel)
Foto: Media Center Pemprov Kalsel

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner