Rencana Pembangunan Jembatan Penghubung Jalan Pramuka-Sungai Gampa Masuk Tahap Usulan Pembebasan Lahan | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Kamis, 29 Desember 2022

Rencana Pembangunan Jembatan Penghubung Jalan Pramuka-Sungai Gampa Masuk Tahap Usulan Pembebasan Lahan

BERITABANJARMASIN.COM - Rencana pembangunan jembatan penghubung Jalan Pramuka ke Sungai Gampa Banjarmasin saat ini sudah memasuki tahap pengusulan pembebasan lahan.

Kepala Bidang Jalan dan Jembatan Dinas PUPR Banjarmasin, Dedy Hamdhani mengatakan pembebasan lahan yang diusulkan itu di sisi Jalan Pramuka.

"Insya Allah di 2023 perlu adanya pembebasan lahan terlebih dahulu ," ujarnya, Rabu (28/12/2022).

Dedy mengatakan bahwa perencanaan mega proyek tersebut tidak bisa dilakukan serta merta, harus ada perhitungan dan penyusunan yang matang.

Agar pembangunan yang diperkirakan menelan anggaran sekitar Rp200 miliar itu bisa memberi manfaat yang dapat dirasa oleh warga kota dalam jangka panjang. "Kita usul terus prosesnya, itu tidak bisa cepat direalisasikan," imbuhnya.

Diakui Dedy pembangunan jembatan penghubung tersebut diharuskan melalui proses panjang. Dimana nantinya juga akan ada pembangunan jembatan tambahan yang tembus langsung ke perbatasan Marabahan, Kabupaten Batola.

Untuk itu pihaknya terus melakukan sosialisasi terhadap warga kawasan Pramuka akan rencana pembangunan jembatan dengan bentang 120 meter itu. "Alhamdulillah respon masyarakat cukup baik akan rencana kami," terangnya.

Pembebasan lahan sendiri sebut ia untuk pembangunan oprit jembatan sepanjang 50 × 80 meter disetiap arah jembatan itu menelan anggaran sekitar Rp35 miliar.

Tak hanya itu lanjutnya pembangunan jembatan yang akan menghubungkan dua kawasan tersebut, pihaknya juga akan melakukan pembangunan jalan sepanjang 3,8 kilometer.

Rinciannya jalan yang dibebaskan 50 meter, kemudian untuk badan jalan, drainase dan trotoarnya sekitar 30 meter serta 10 meter untuk ruang bebas. "Pembebasan lahan untuk jalannya sendiri sekitar Rp50 miliar," pungkasnya. (arum/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner