Program Bebas BABS, Pemkot Banjarmasin Siapkan SPALD untuk 21 Kelurahan | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Selasa, 06 Desember 2022

Program Bebas BABS, Pemkot Banjarmasin Siapkan SPALD untuk 21 Kelurahan

BERITABANJARMASIN.COM - Pemerintah Kota Banjarmasin menyiapkan Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik (SPALD) untuk 21 kelurahan.

Wali kota Banjarmasin Ibnu Sina menyampaikan upaya menghilangkan kebiasaan Buang Air Besar Sembarangan (BABS) terus dilakukan.

Menurutnya keberadaan Perumda PAL Domestik dapat meningkatkan akses pelayanan air limbah, perbaikan kualitas lingkungan pada air permukaan dan air tanah serta menjadi sumber alternatif air baku sebagai sumber air bersih di lingkungan masyarakat

"Sebuah kota itu kalau sanitasinya bagus maka menjadi kota yang nyaman," katanya, Senin (6/12/2022).

Apalagi Banjarmasin terus berjuang untuk menjadi kota layak huni dengan sanitasi yang bagus. Terutama pada penanganan BABS langsung ke sungai yang sudah menjadi program prioritas untuk menjaga keasrian sungai.

Diakui wali kota dua periode itu masih ada 31 kelurahan lagi untuk penerapan BABS secara menyeluruh. "Kami fokuskan untuk 21 kelurahan dulu agar bisa dilaksanakan dengan baik" ucapnya.

Beberapa kawasan bantaran sungai juga telah dipasang biofile untuk menampung limbah domestik agar tidak langsung ke sungai. (arum/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner