496 Warga Banjarmasin Ikut Meriahkan Festival Menghias Tanggui | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Minggu, 16 Oktober 2022

496 Warga Banjarmasin Ikut Meriahkan Festival Menghias Tanggui

BERITABANJARMASIN.COM - Sebanyak 496 warga Banjarmasin meriahkan festival menghias tanggui. Mereka dengan piawai menggambar dan mewarnai tanggui daun nipah tersebut di Kelurahan Kuin Utara.

Kepala Dinas Kebudayaan Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Kota Banjarmasin, Iwan Fitriadi menerangkan kegiatan itu sudah sejak lama direncanakan pihak kecamatan dan kelurahan.

"Alhamdulillah dengan keterbatasan akhirnya festival ini bisa dilaksanakan, walaupun terkesan mendadak," paparnya, Sabtu (15/10/2022).

Melihat kemeriahan menghias tanggui tersebut pihaknya merencanakan kegiatan itu diusulkan menjadi agenda tahunan pariwisata.

Sementara itu, Camat Banjarmasin Utara, Noorrahmawati mengatakan bahwa diwilayahnya banyak memiliki perajin tanggui.

Bahkan kata ia, dari wilayahnya tanggui kemudian dikemas menjadi souvenir maupun oleh - oleh yang cantik. "Untuk melestarikan makanya kita ingin ada event menghias tanggui ini," ujarnya.

Adapun pergelaran festival ini lanjutnya, bertujuan untuk mengangkat Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM )dari pengrajin tanggui khususnya Kelurahan Kuin Utara dan sekitarnya.

Apalagi selama pandemi dua tahun lalu, usaha pembuatan tanggui seakan - akan mati suri yang diharapkan bisa dihidupkan kembali. (arum/maya)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner