Wali Kota Ibnu Sina Luncurkan Gerakan Kurban Asyik Tanpa Sampah Plastik | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Sabtu, 09 Juli 2022

Wali Kota Ibnu Sina Luncurkan Gerakan Kurban Asyik Tanpa Sampah Plastik

BERITABANJARMASIN.COM - Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina meluncurkan gerakan kurban asyik tanpa sampah plastik di lobi Balai Kota Banjarmasin, Sabtu (9/7/2022).

Ibnu menyampaikan, gerakan yang sudah menjadi agenda tahunan pemkot itu diharapakan bisa dilaksanakan dengan baik bersama para pengurus masjid serta panitia kurban.

Mengingat Banjarmasin merupakan kota pertama yang meluncurkan pengurangan sampah kantong plastik hingga menjadi perwali. "Saya harap ini bisa terus diterapkan setiap tahun," ujarnya.

Tak hanya itu, ia juga mengimbau seluruh panitia pelaksana pemotongan hewan kurban untuk tidak membuang sembarangan sampah maupun jeroan hewan kurban ke sembarang tempat. Tak terkecuali di area sungai.

Sebab dapat mencemari aliran sungai yang seharusnya dirawat untuk menjaga keasriannya. "Jangan sampai tahun ini kembali saya lihat jeroan mengapung di sungai," ujarnya.

Untuk itu menurut wali kota dua periode ini panitia pelaksana pemotongan hewan kurban mempersiapkan terlebih dahulu tempat pembuangan limbah.

Salah satunya dengan membuat lubang didasar tanah agar dapat mengubur jeroan atau limbah lainnya dari pemotongan hewan kurban.

Jika kedapatan ada panitia membuang sembarangan ia meminta untuk dilaporkan langsung lewat kanal pengaduan e-Lapor. "Foto dan video kirim ke medsos agar kita bisa memberikan efek jera," terangnya.

Hal itu kata Ibnu agar tidak ditiru oleh masyarakat lain dan lebih memperhatikan kebersihan lingkungan dan sungai. (arum/maya)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner