“Labbaik Allahumma Labbaik, Semua Orang Baik Baik”, Kisah Abah Guru Sekumpul Mendapat Pelajaran Husnudzon di Padang Arafah | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Senin, 11 Juli 2022

“Labbaik Allahumma Labbaik, Semua Orang Baik Baik”, Kisah Abah Guru Sekumpul Mendapat Pelajaran Husnudzon di Padang Arafah

 


Pada suatu ketika, Abah Guru Sekumpul sedang berhaji di padang arafah. Ketika itu jamaah haji sudah semakin banyak berdatangan. Lalu Abah guru Sekumpul dalam hati berdoa kepada Allah, “ Ya Allah, Ulun percaya setiap 40 orang beriman berkumpul, pasti ada satu orang yang wali Allah. Pada saat ini begitu banyak orang yang berkumpul, ulun ingin diperlihatkan 1 saja wali Allah”.

Sesudah berdoa, tiba tiba lewat seorang arab yang bertalbiyah, namun lafadz talbiyahnya sedikit berbeda. “Labbaik Allahumma Labbaik, semua orang baik baik”, kata orang arab tadi mengucap kalimat talbiyah. Padahal orang itu benar benar orang arab asli, tapi bisa Bahasa Indonesia dan kalimat talbiyahnya berbeda. Semua orang pun bingung, termasuk Abah Guru Sekumpul.

Tiba tiba Abah Guru Sekumpul ingat bahwa tadi minta diperlihatkan wali Allah. Boleh jadi orang arab tadi adalah Wali Allah. Abah Guru Sekumpul pun mencari orang arab tadi untuk setidaknya bersalaman mengambil berkat, namun akhirnya tidak ketemu.

Namun, ada satu pelajaran penting dari kalimat talbiyah orang arab tadi. “Labbaik Allahumma Labbaik, Semua orang baik baik”. Artinya semua orang itu baik, tidak ada yang jahat. Kita harus berbaik sangka kepada siapapun. Walau kepada orang jahat sekalipun, kita tidak tahu siapa tau dia nanti dapat hidayah, menjadi lebih mulia dari pada kita dan bahkan menjadi Wali Allah. Inti sarinya adalah berbaik sangka lah kepada semua makhluk.

Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=CDrXCUuh6mY

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner