Kisah Ketika Abah Guru Sekumpul Kemalingan Ikan dan Bukti Luar Biasanya Pemahaman Agama Ayahandanya Abah Guru Sekumpul | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Minggu, 31 Juli 2022

Kisah Ketika Abah Guru Sekumpul Kemalingan Ikan dan Bukti Luar Biasanya Pemahaman Agama Ayahandanya Abah Guru Sekumpul

 


Suatu hari, Abah Guru Sekumpul saat masih kecil pernah ikut mencari ikan Bersama ayah beliau. Pada hari itu beliau dan sang ayah mendapat sangat banyak ikan yang besar besar. Lalu pulanglah beliau dan sang ayah ke rumah dengan senang hati karena akan makan enak.

Ketika diperjalanan, Abah Guru Sekumpul dan ayah beliau melewati suatu jembatan. Kebetulan di jembatan itu ada seorang laki laki menghadang ditengah jembatan. Ketika berpapasan, tiba tiba laki laki itu merampas ikan Abah Guru Sekumpul dan lari. Seketika beliau berdua terkaget sampai tidak bisa berbicara lagi.

Lalu Ayah beliau mengingatkan, “Nak, ingat ini bukan perbuatan makhluq, semua yang terjadi ini adalah perbuatan Allah SWT”. Ayahandanya Abah Guru Sekumpul mengingatkan jangan memandang ini perbuatan makhluq, itu adalah ujian dari Allah supaya kita sabar dan ridho. Abah Guru Sekumpul pun mengiyakan dan hari itu tidak jadi makan ikan dirumah.

Itulah pendidikan yang berkesan bagi Abah Guru Sekumpul. Walau ayah beliau bukan seorang tamatan pondok pesantren, namun pemahaman agama dan makrifat nya luar biasa. Selalu ingat kepada Allah disetiap keadaan.

Ayahandanya Abah Guru Sekumpul Bernama H. Abdul Ghani. Walau beliau bukan lulusan pesantren, beliau memiliki pemahaman agama yang luar biasa. Beliau sempat di bimbing oleh Syekh M. Arsyad Al Banjari secara rohani. Maka dari itu, H. Abdul Ghani adalah termasuk orang yang luar biasa walau secara penglihatan orang awam beliau bukan ulama.

Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=r7PLHJkeen4&t=15s

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner