Nasehat Emas Ayahandanya Abah Guru Sekumpul Kepada Sang Anak Ketika Hendak Mengajar : "Ikhlaslah Dalam Mengajar Karena Allah" | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Kamis, 30 Juni 2022

Nasehat Emas Ayahandanya Abah Guru Sekumpul Kepada Sang Anak Ketika Hendak Mengajar : "Ikhlaslah Dalam Mengajar Karena Allah"


Suatu ketika, Abah Guru Sekumpul sudah tamat belajar di ponpes Darussalam Martapura. Beliau pun di panggil oleh para guru guru besar ponpes Darussalam seperti Syekh Anang Sya'rani, K.H. Abdul Qodir Hasan dan lain lain. Rupanya pemanggilan ini bertujuan untuk meminta Abah Guru Sekumpul mengajar di ponpes Darussalam Martapura. Abah Guru Sekumpul tidak langsung menerima ataupun menolak. Beliau meminta waktu untuk bermusyawarah kepada sang ayah dan ibu. Ini akhlaq Abah Guru Sekumpul, bila ada sesuatu hal maka tak ada salahnya diskusikan dulu dengan orang tua.

Abah Guru Sekumpul pun segera meminta izin kepada kedua orang tua beliau. Secara umum, pastilah orang tua manapun pasti setuju. Karena dari sekian banyak lulusan Darussalam saat itu, hanya 4 orang yang dipilih menjadi guru termasuk Abah Guru Sekumpul. Artinya abah Guru Sekumpul termasuk orang pilihan yang pintar dan sanggup mengajar.

Namun, keluar jawaban tak terduga dari ayahandanya Abah Guru Sekumpul. Ayahandanya Abah Guru Sekumpul pun berkata : "Pesan ku satu saja, jangan ada niatan ada ingin mencari nafkah dari hasil mengajar itu, mengajarlah ikhlas karena Allah, bila kamu siap seperti itu maka silahkan saja mengajar".

Walhasil, Abah Guru Sekumpul pun menyanggupi masehat sang ayah. Akhirnya Abah Guru Sekumpul pun menerima permintaan mengajar oleh guru guru Darusslam tadi.

Ayahandanya Abah Guru Sekumpul bernama H. Abdul Ghani. Walau beliau bukan lulusan pesantren, beliau memiliki pemahaman agama yang luar biasa. Beliau sempat di bimbing oleh Syekh M. Arsyad Al Banjari secara rohani. Maka dari itu, H. Abdul Ghani adalah termasuk orang yang luar biasa walau secara penglihatan orang awam beliau bukan ulama.

Sumber : https://youtu.be/y7w35JlNjX4

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner