Mengintip Padapuran, Interior Ruang Dapur Khas Rumah Urang Banjar | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Senin, 27 Desember 2021

Mengintip Padapuran, Interior Ruang Dapur Khas Rumah Urang Banjar

 

📷 @sugianoor27

Padapuran berfungsi sebagai ruang makan dan dapur. Pada masyarakat Banjar menyebutnya padu atau juruk. Ada istilah khusus untuk menyebut tempat khusus untuk memasak, yaitu atang.

📷 @sugianoor27

Atang adalah tempat meletakkan tungku atau dapur tanah. Tungku itu ada yang langsung menempel pada permukaan atang atau lantai atang yang sudah dilapisi tanah liat dicampur pasir.

📷 @sugianoor27

Diatas atang biasanya terdapat salaian atau tempat meletakkan kayu bakar yang masih baal/sedikit basah. Disamping kayu pada salaian kadang diletakkan juga daun kering untuk menghidupkan api, Apabila kayu bakar diatas salaian sudah kering dipindah ke bawah atang.

📷 @sugianoor27

Diruang dapur juga terdapat pambanyuan atau tempat meletakkan tempayan air untuk keperluan memasak dan sebagainya yang berhubungan dengan kegiatan rutin di dapur. Selain pembanyuan, ada juga rak piring untuk tempat meletakkan barang pecah belah yang digunakan secara rutin setiap hari.

Sumber
- M. Suriansyah Ideham, dkk. 2005. Urang Banjar & Kebudayaannya.
- Syahrir, dkk. 1996. Kearifan Tradisional Masyarakat Pedesaan dalam Memelihara Lingkungan Hidup Daerah Kalimantan Selatan.
-https://digstraksi.com/atang-arsitektur-dapur-khas-banjar

Dari instagram @sejarahkalsel.id

Link artikel asli https://www.instagram.com/p/CX8jbKbvgVT/?utm_source=ig_web_copy_link

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner