BERITA SORE: Senin 23/12/2021 | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Kamis, 23 Desember 2021

BERITA SORE: Senin 23/12/2021

  

Pemkot Banjarmasin Tambahkan Aksen Ukiran Banjar Di Tiang Balai Kota, Anggarannya Rp100 Juta




BERITABANJARMASIN.COM - Pemkot Banjarmasin percantik kantor Balai Kota Banjarmasin, dengan menambahkan aksen ukiran bernuansa khas Banjar di tiang - tiang bangunan.

Kepala Bagian Umum Setdakot Banjarmasin, Yusna Irawan memaparkan bahwa ornamen tersebut berkonsep rumah Banjar. Sehingga dapat memberikan kesan tersendiri bagi bangunan.

"Ini supaya terlihat etnik dan indah, agar para tamu yang datang dapat merasakan nuansa asli khas kita," jelasnya, Kamis (23/12/2021).

Ada dua jenis ukiran pada ornamen berwarna kuning tersebut, yakni ukiran Banjar Tajau Daun Jaruju di posisi bawah. Kemudian ukiran Banjar Tameng Pucuk Rebung pada bagian atasnya.  

Tak hanya itu, untuk melengkapi kesan etnik budaya banjar, pihaknya juga telah mengubah atap gedung menggunakan jamang ukiran daun sirih. "Kami terus menjaga budaya khas banjar, agar tetap asri," imbuhnya.

Ia juga menyampaikan bahwa pembuatan ornamen ukir tersebut sebelumnya telah disetujui oleh Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina. Karena dinilai itu sebagai bentuk upaya memperkuat etnik khas Banjar yang selama ini terus dikembangkan.

Sedangkan untuk anggaran sendiri, ia menambahkan sekitar seratus juta rupiah lebih untuk biaya bahan yang terbuat dari kayu Ulin itu. "Mudah - mudahan Balai Kota semakin kuat nilai kebudayaannya," tutupnya. (arum/sip)


Tingkatkan Ketangkasan Penanganan Kebakaran, Pemkot Banjarmasin Beri Penghargaan BPK Dan PMK Terbaik


BERITABANJARMASIN.COM - Upaya peningkatan keterampilan dan ketangkasan, Pemkot Banjarmasin serahkan peghargaan bagi Barisan Pemadan Kebakaran (BPK) dan PMK dalam ajang perlombaan penanganan kebakaran, Kamis (23/12/2021).

Wali Kota Banjarmasin  Ibnu Sina memaparkan bahwa membantu masyarakat dalam musibah kebakaran itu penting, namun jauh lebih penting menjaga keselamatan para petugas di lapangan dalam menjalankan tugas. "Para petugas harus selalu berhati - hati jangan sampai ada kejadian kecelakaan," terangnya.

Disamping itu juga masyarakat perlu terus waspada untuk menjaga perabotan maupun alat elektronik dirumahnya masing - masing. Untuk itu, pihaknya akan segera melaunching kampung tangguh antisipasi musibah kebakaran, yang akan dibuat didua tempat Pertamina dan di kawasan Kuripan Banjarmasin Timur.

Rencana tersebut agar dapat memberikan pengetahuan terhadap masyarakat untuk antisipasi terhadap kebakaran. "Penyebab kebakaran itu ada beberapa hal yang dapat diantisipasi," katanya.

Apalagi BPK dan PMK milik Banjarmasin merupakan terbanyak diseluruh Indonesia. Mencapai 277 BPK dan PMK yang terdaftar. Sedangkan secara keseluruhan ada sebanyak 631 yang tersebar di lima kecamatan.

Wali Kota dua periode ini menambahkan banyaknya BPK dan PMK di Banjarmasin, dapat membantu masyarakat dalam misi sosialnya. Adapun juara lomba tersebut diraih PMK Perintis Banjarmasin Tengah, dengan memilikki 50 anggota dan dilengkapi alat pelindung diri masing - masing anggota. (arum/sip)


Disdukcapil-KB Kalsel Salurkan 210 Ribu Keping Blangko E-KTP Ke Kabupaten/Kota



BERITABANJARMASIN.COM - Dinas Kependudukan, catatan sipil dan KB Kalsel berhasil mendistribusikan blangko e-KTP  sebanyak 210 ribu keping kepada Kabupaten/Kota se-Kalsel, terhitung dari bulan Januari- November 2021. 

Dimana dikatakan Kepala Disdukcapil, dan KB Kalsel, Irfan Sayuti ketersediaan blangko e-KTP sangat menunjang dalam setiap kegiatan guna menyukseskan programa vaksinasi nasional di Kalsel, juga diperlukan saat musibah banjir tahun lalu. "Kita lakukan monitoring dan evaluasi sekaligus mendrop ke kabupaten/kota yang memerlukan blangko untuk segera di cetak," ucapnya, Rabu, (22/12/2021). 

Terlebih pada saat musibah banjir melanda Kalsel, banyak masyarakat yang kehilangan e-KTP sedangkan itu diperlukan untuk pengurusan bantuan sosial maupun rehabilitasi rumah masyarakat yang terdampak banjir. 

Irfan memastikan ketersedian blangko e-KTP di Kabupaten/Kota di Kalsel tidak ada kelangkaan bahkan pendistribusian pun sangat lancar. Sehingga dapat menunjang kegiatan pelayanan administrasi kependudukan di Kabupaten/Kota. 

Bahkan kata Irfan di Desember ini akan ada tambahan blangko e-KTP dari pusat melalaui pemrintah provinsi Kalsel sebanyak 20 ribu keping. 

"Rasio pelayanan yang datang kita ambil rata-rata aman dan menjamin kelancaran pelayanan administrasi kependudukan terutama pencetakan e-KTP pasti lancar," tandasnya. (fitri/sip)


Wali Kota Banjarmasin Launching Core Values Dan Employer Branding ASN, Ini Harapannya



BERITABANJARMASIN.COM - Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina melaunching Core Values dan Employer Branding ASN, sebagai bagian dari strategi akselerasi transformasi SDM aparatur dalam mendukung reformasi birokrasi, Kamis (23/12/2021).

Pada kesempatan itu Ibnu mengatakan bahwa sesuai arahan Presiden RI, kalau ASN saat ini memilikki core values Berakhlak yakni Berorientasi pelayanan, Akuntabel, Kompeten Harmonis, Loyal, Adaftif dan Kolaboratif. "Sesungguhnya nilai inti yang harus diimplementasikan oleh ASN," terangnya, usai melaunching.

Ini merupakan sebuah upaya dari pemerintah melalui Kemenpan RB, kemudian dilaksanakan oleh pemerintah daerah yang sebelumnya telah memiliki visi dan misi berbeda di daerah.

Juga berlaku terhadap para BUMN perusahaan milik negara yang harus menerapkan core value tersebut dalam mengedepankan pelayanan terhadap masyarakat. "Saya berharap nilai - nilai ini setelah dilaunching bisa segera dilaksanakan," tandasnya.

Sesuai motto yang telah diterapkan sebelumnya di Banjarmasin, kalau bisa sekarang kenapa harus ditunda, dan jika bisa dipercepat kenapa harus diperlambat serta jika dipermudah kenapa harus dipersulit.

Ia pun meminta Sekertaris Daerah (Sekdakot) bisa melakukan internalisasi terhadap seluruh Kepala SKPD untuk segera melaksanakan Core Value tersebut.

Untuk diketahui, Employer Branding ASN adalah Employee Value Preposition ASN, yaitu titik temu antara ekspektasi ASN dan komitmen Kementerian/Lembaga/Daerah dengan ekspektasi Kementerian/Lembaga/Daerah dan komitmen ASN. Sebelumnya telah dideklarasikan pada 27 Juli 2021 lalu, oleh Presiden RI Joko Widodo. (arum/sip)



Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner