Inilah Siswa Penemu Alarm Bak Mandi | Berita Banjarmasin | Situs Berita Warga Banjarmasin

Selasa, 30 Januari 2018

Inilah Siswa Penemu Alarm Bak Mandi

Banjarmasin, BBCom - SMA IT Ukhuwah berhasil membuat penemuan di bidang ilmu pengetahuan dengan membuat karya Alarm Bak Mandi Sederhana bahkan mampu memenangi lomba sebagai terbaik ke III pada ajang Science and Culture Banua (Scuba) Expo 2018 yang digelar oleh SMA Banua Kalsel pada hari sabtu hingga minggu 27-28 Januari 2018. Diikuti oleh 20 SMA terbaik se Kalimantan Selatan.
(SMA IT Ukhuwah , Juara III Scuba 2018/beritabanjarmasin.com)
"Alarm bak mandi memiliki struktur sederhana, menggunakan prinsip hukum archimedes. Alarm ini akan bekerja ketika volume air naik hampir memenuhi bak, saat volume air naik maka gabus yang telah diletakan pada permukaan air akan ikut naik di karenakan massa gabus yang ringan mengikuti naiknya volume air." terang M. Lukmanul Hakim salah seorang creator benda ini kepada wartawan beritabanjarmasin.com. 

Ia juga menjelaskan bahwa, kawat yang sudah ditempel diberikan lubang yang terhubung dengan kawat yang sudah dibentuk "U". Kawat "U" tersebut juga telah direkatkan dengan kawat lain yang dililit oleh kabel klip baterai 9 volt dan buzzer. 

"Saat volume air hampir mendekati titik penuhnya, kawat yang tertempel pada gabus bersentuhan dengan kawat yang terhubung dengan kawat yang terlilit dengan kabel klip baterai (bagian serabut tembaganya)." tambahnya.

Masih oleh Lukman yang juga seorang ketua Osis di SMA IT. "Energi pada baterai mengalir ketika terjadinya sentuhan antarkawat. Aliran Energi tersebut melalui klip konektor baterai dan kawat dari kutub negatif dan positif. Energi listrik yang di hasilkan sekitar 9 volt yang cukup untuk membuat buzzer 5 volt berbunyi." tutupnya  

kabar penemuan dan berhasilnya siswa dari SMA IT Ukhuwah jadi juara III disambut gembira oleh para guru disana.

"Saya sangat bangga dengan mereka, ditengah padatnya kegiatan belajar dan terbatasnya waktu persiapan, mereka bisa memberikan hasil yang sangat memuaskan." Ucap Ryma Sofyan Wakil Kepala Sekolah SMA IT Ukhuwah. [Ayo]

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only