Menghidupkan Lagi Pos Kamling, Sebagai Upaya Cegah Kriminalitas | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Minggu, 08 Juli 2018

Menghidupkan Lagi Pos Kamling, Sebagai Upaya Cegah Kriminalitas

Jajaran Polsek Bantim saat sambangi masyarakat setempat/beritabanjarmasin.com

BANJARMASIN, BBCOM -
Maraknya aksi pencurian yang terjadi akhir-akhir ini, menjadi perhatian khusus aparat kepolisian Banjarmasin Timur (Bantim). Pasalnya, hingga kini masih banyak pelaku pencurian yang masih berkeliaran bebas. Wilayah hukum Polsek Bantim menjadi sasaran pelaku pencurian karena kecamatan ini berada di pusat kota. Lingkungannya cenderung individualistis dibandingkan dengan daerah pinggiran Banjarmasin.

Kapolsek Banjarmasin Timur Kompol Uskiansyah melalui Babinkamtibmas Kelurahan Sungai Bilu, Aiptu Fahrudin mengarahkan anggota melaksanakan giat sambang kemasyarakat yang berada di wilayahnya. Disamping itu, dirinya juga berharap kepada masyarakat untuk ikut membantu menjaga Kamtibmas di wilayah masing-masing, dengan kembali menggalakan pos keamanan lingkungan (pos kamling). Karena menurutnya, saat ini hampir di seluruh wilayah hukum polsek Bantim pos kamling lumpuh. "Saya lihat juga pos kamling banyak lumpuh. Padahal ini penting untuk menjaga keamanan lingkungan bersama," ungkapnya kala melakukan giat sambang Kamtibmas di kelurahan Sungai Bilu. Minggu (8/7/2018). 

Ia mengakui, dalam menjaga keamanan dan ketertiban, tidak bisa hanya dilakukan oleh aparat kepolisian saja. Meskipun hal itu memang sudah menjadi tanggungjawab polisi. Dalam hal, perlu ada kerja sama dengan pihak masyarakat guna mengantisipasi hal yang tidak diinginkan. 

"Kita juga tidak bisa bekerja maksimal tanpa bantuan, dan dukungan dari masyarakat. Nah, salah satu dukungan dalam menjaga keamanan lingkungan dan antisipasi terjadinya pencurian dengan diaktifkannya kembali pos kamling," bebernya. 

Untuk itu, lanjutnya, masyarakat yang ada di wilayah hukumnya kembali menggalakkan pos kamling guna meningkatkan kembali keamanan lingkungan sekitar. Disamping itu, pihaknya juga mengimbau untuk lebih berhati-hati lagi jangan sampai lalai dalam menjaga barang-barang berharga yang dimiliki agar tidak menjadi korban pencurian. 

"Setidaknya dengan adanya jaga malam dapat mengurangi tindakan kriminal. Kita juga mengimbau masyarakat untuk jangan lengah, karena setiap pelaku tindak kejahatan selalu memanfaatkan kelengahan korbannya untuk beraksi," imbaunya. (edoz/ayo)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner