Sabtu, 02 Juni 2018

Kreatif, Kelompok Sadar Wisata Banua Anyar Bikin Wadah Nongkrong Jukung di Pinggir Sungai

Monumen Gembok Cinta hasil kreativitas Pokdarwis Banua Anyar Banjarmasin/beritanbanjarmasin.com
BANJARMASIN, BBCOM - Kelompok sadar wisata (pokdarwis) Banua Anyar, Banjarmasin membuat wadah nongkrong dan santai bernama Rombong Jukung Sasirangan (RJS). 

Peresmian tempat santai ini dilakukan pada Sabtu (02/06/2018). Kegiatan ini dihadiri oleh Walikota Banjarmasin Ibnu Sina beserta jajarannya, Camat dari semua kecamatan yang ada di Banjarmasin, Kepala Dinas Pariwisata Kalsel dan kota Banjarmasin.

Dari pemaparan warga, latar belakang  ide pembuatan ini yaitu melihat kondisi yang kumuh. Lalu mereka berpikir untuk mengkontraskan tempat ini dengan jukung sasirangan. Bangunan yang menghabiskan dana Rp. 12 juta ini murni memakai uang swadaya Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dan sumbangan dari masyarakat setempat. 

"Awal mula rombong jukung sasirangan (RJS) ini tidak ada bantuan sumber dana dari lain. Tetapi setelah produk kami jadi. Kami memperlihatkan kinerja yang nyata barulah dari Pemerintah kota, anggota DPRD, Camat, dan Lurah memberi sumbangan dengan dana mereka pribadi," ujar Syeik Ahmad Hanafi yang ditemui beritabanjarmasin.com disela-sela acara. 
Menjelang peresmian Rombong Jukung Sasirangan, Sabtu (02/05/2018)/beritabanjarmasin.com
Selain pesona pinggir sungai yang ditawarkan. Di tempat ini juga ada "gembok cinta" yang diyakini mengunci cinta dua sejoli, tak lupa pula disediakan wifi gratis bagi pengunjung untuk menambah daya tarik wisatawan lokal maupun asing.

Walikota Banjarmasin Ibnu Sina menyambut baik ide kreatif yang dihasilkan oleh masyarakat Pokdarwis ini. "ini kreativitas yang perlu kita apresiasi. Menyulap tempat kumuh menjadi tempat nongkrong dari semua kalangan. Tentunya diharapkan Kecamatan yang lain menghasilkan  ide-ide kreatif yang lainnya pula," tutur Ibnu.

Masyarakat yang hadir dalam peresmian pembukaan Rombong Jukung Sasirangan (RJS) juga mengaku senang dengan adanya tempat nongkrong terjangkau dikalangan rumah mereka. Seperti yabg diungkap Fadli warga Banua Anyar. "Saya merasa senang dengan adanya RJS ini tentu bisa dijadikan tempat bersantai menikmati kopi di malam hari dan juga bisa menarik wisatawan lokal maupun asing," tandasnya. (puji/ayo)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only