Hasil Hitung Cepat SDI di Tanah Laut, Pasangan Sukamta-Abdirahman Menang Telak | Berita Banjarmasin | Berita Kalimantan Selatan | Media Online Banjarmasin

Kamis, 28 Juni 2018

Hasil Hitung Cepat SDI di Tanah Laut, Pasangan Sukamta-Abdirahman Menang Telak

Abdullah Karapesina dari Sinergi Data Indonesia/beritabanjarmasin.com

BANJARMASIN, BBCOM - 117 Kota/Kabupaten pada 27 Juni 2018 menggelar Pilkada serentak di seluruh Indonesia, hal tersebut mengundang rasa penasaran siapa yang akan menjadi pemimpin di daerah nantinya. Tidak tanggung-tanggung lembaga perhitungan cepat seperti Sinergi Data Indonesia (SDI) menyeberang pulau ke Kalimantan Selatan demi memberikan hasil hitung cepat (quick count) versi mereka.

Dari 4 Kabupaten yang melaksanakan Pilkada, Sinergi Data Indonesia mencoba menghitung 1 Kabupaten yaitu Tanah Laut. Quick count dilaksanakan di salah satu hotel Banjarmasin, dengan mengusung tema "Siapa Bupati Pilihan Rakyat Tanah Laut".

Selain itu, Sinergi Data Indonesia juga melakukan perhitungan cepat di 3 Provinsi di Indonesia.

Teknik hasil cepat ini menggunakan metode multitstage random sampling, metode ini perhitungan cepat dengan mengambil sampel dari seluruh Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang ada di Kabupaten Tanah Laut, diambil perhitungan sampel 217. Margin error teknik sampling ini sebanyak 1%. "Sudah dipastikan tingkat kesalahan sedikit," ungkap Abdullah Karepesina Peneliti Sinergi Data Indonesia, pada Rabu (27/06/2018).
Metode Multistage random sampling yang di pakai oleh SDI, Rabu (27/06/2018)/beritabanjarmasin.com
Berdasarkan dari total suara yang masuk sebanyak 83,41% pada pukul 16:12:35 Wita, hasilnya, Perolehan sementara suara Pilkada Tanah Laut bahwa pasangan nomor urut 1 yaitu Sukamta-Abdirahman menang dengan total suara 61,41 suara. Sedangkan untuk pasangan nomor urut 2 atas nama Bambang Alamsyah-Ahmad Nizar mendapatkan total suara 38,59.

Artinya, pasangan nomor urut 1 Sukamta-Abdirahman menang telak dengan selisih 22,82 suara.  Dari pantauan pun, Sukamta dan Abdirahman memang unggul di 11 Kecamatan yang ada di Kabupaten Tanah Laut.


"Kita menaruh 1 relawan disetiap sampel TPS jadi jumlah relawan sebanyak 217. Ini memang bukan merupakan kesimpulan akhir, tetapi  ini hanya hasil perhitungan cepat. Jadi, warga Kabupaten Tanah Laut diminta tetap menunggu hasil dari KPU Tanah Laut," tandasnya. (puji/ayo)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only