Rabu, 02 Mei 2018

Konsisten Jalankan RKPD, Banjarmasin Raih Penghargaan Pembangunan Daerah

Walikota Banjarmasin saat menerima penghargaan pembangunan daerah/Ibnu sina
Banjarmasin, BBCom - Banjarmasin kembali raih penghargaan untuk kesekian kalinya. Kali ini Penghargaan pembangunan daerah yang di berikan oleh Badan perencanaan pembangunan nasional (Bappenas) RI. 

Melalui Sugito Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan (Barenlitbang) kota Banjarmasin menyampaikan bahwa penghargaan pembagunan daerah secara nasional sudah dimulai tahun 2014 dengan nama Anugerah Pangripta Nasional lalu pada tahun 2017 berganti nama menjadi penghargaan pembagunan daerah. 

"Kegiatan yang diinisiasi oleh Badan perencanaan pembangunan nasional (Bappenas) RI ini untuk melihat perencanaan dan pencapaian pembagunan di daerah. Penilaian dikategorikan menjadi tiga lingkup, yaitu provinsi, kabupaten dan kota," terang Sugito kepada beritabanjarmasin.com, pada Senin (30/04) 

Pada lingkup kabupaten dan kota dinilai oleh tim independen yg dibentuk oleh pemerintah provinsi. Rangking satu akan diusulkan oleh provinsi ke nasional. 

Kota Banjarmasin satu dari 26 kota se Indonesia yang diusulkan ke nasional, adapun yg dinilai adalah dokumen Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2018. 

"Dokumen RKPD merupakan produk dari proses perencanaan musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang) kelurahan, kecamatan hingga kota," tandasnya. 

Masih menurut Sugito, substansi yang dinilai adalah capaian dari kegiatan tahunan seperti konsistensi antara program kegiatan di RKPD dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), Rencana kerja pemerintah (RKP), Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) serta RPJMD dan RKPD provinsi Kalsel. 

"Hal lain yang dinilai adalah inovasi perencanaan, contohnya adalah Banjarmasin yang telah menggunakan e-planning, yaitu proses perencanaan menggunakan aplikasi SIMPUN (sistem informasi manajemen pemerintahan), dimana input usulan sudah mulai sejak musrenbang kelurahan hingga kota," pungkasnya. 

Sementara itu walikota Banjarmasin Ibnu Sina berharap perencanaan pembangunan di kota seribu sungai sesuai dengan standard nasional dan tentunya aspirasi warga kota. (arum/puji/ayo).

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only